Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sampah Dapur yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tanah Tanaman

Kompas.com - 19/02/2022, 13:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanah yang sehat dan subur sangat penting bagi tanaman yang Anda tanam atau rawat. Tanah yang subur dan sehat tentu akan membuat tanaman tetap tumbuh.

Dilansir dari Express, Sabtu (19/2/2022), tanah terdiri dari komponen hidup dan tak hidup yang sangat penting dalam ekosistem, dan vital untuk penciptaan kehidupan baru di kebun atau halaman rumah.

Tanah yang sehat juga dikemas penuh nutrisi. Meskipun ini berkembang secara alami saat tanaman membusuk, ada juga beberapa sampah dapur yang dapat Anda gunakan untuk memberi nutrisi ekstra pada tanah.

Baca juga: Tidak Sulit, Cara Menanam Kangkung Tanpa Tanah

Berikut adalah lima sampah dapur yang dapat bekerja sangat baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan tanah tanaman.

1. Ampas kopi

Ampas kopi bisa sangat bermanfaat karena kemampuannya untuk meningkatkan kadar nitrogen di dalam tanah.

Meskipun kopi sangat asam, dan karena itu hanya cocok untuk tanaman yang tumbuh subur dari keasaman, ampas kopi jauh lebih rendah asam karena direndam dalam air untuk jangka waktu yang lama.

Nitrogen dapat membantu tanaman tumbuh lebih cepat, dan menurut Natural Living Ideas, baik untuk tanaman tomat dan rumput. Ampas kopi juga mengandung kalium dan fosfor, yang juga merupakan bahan penting untuk pupuk tanaman

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Pot Tanah Liat untuk Tanaman

2. Teh

Menurut buku Toolbox for Sustainable Living, teh celup dapat disimpan untuk dibuat kompos. Jika Anda menyimpan kantong teh celup, pastikan itu terbuat dari kertas, sutra, atau kain muslin.

Teh celup yang terbuat dari polypropylene tidak akan terurai, sehingga daun teh harus dikeluarkan dari kantong jika ingin digunakan untuk kompos.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com