Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Punya, Ini 4 Benda untuk Merawat Wajan Besi Cor

Kompas.com - 04/02/2022, 11:57 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWajan besi cor adalah salah satu peralatan memasak yang dibutuhkan di setiap dapur.

Namun, wajan besi cor rentan meninggalkan noda hitam pada permukaannya sehingga memerlukan perawatan intensif agar tidak memiliki noda hitam dan tahan lama. 

Baca juga: Cara Membersihkan, Membumbui, dan Merawat Wajan Besi Cor

Seorang koki dari Lodge Cast Iron, Kris Stubblefield, mengatakan bahwa wajan ini merupakan alat yang luar biasa untuk semua tingkat juru masak, termasuk koki pemula dan profesional.

“Hanya dengan sedikit perawatan ekstra, peralatan masak dari besi cor akan bertahan selama beberapa generasi untuk memasak hidangan lezat di dapur,” ujar dia, mengutip Martha Stewart, Jumat (4/2/2022).

Sebelum membeli atau memiliki wajan besi cor di dapur, ada baiknya kamu sudah menyiapkan peralatan untuk merawatnya. Setidaknya, ada empat benda yang bisa digunakan untuk merawat wajan besi cor. 

Baca juga: Bersihkan Wajan dan Panci yang Gosong Dengan 5 Cara ini

Penggosok chainmail

Ilustrasi wajan besi cor, ilustrasi penggosok chainmail, ilustrasi chainmail scrubber.SHUTTERSTOCK / Jaimieandkyleshootstock Ilustrasi wajan besi cor, ilustrasi penggosok chainmail, ilustrasi chainmail scrubber.

Penggosok chainmail (chainmail scrubber) adalah penggosok yang digunakan untuk membersihkan wajan besi cor.

Ellen King, Co-owner toko roti Hewn sekaligus penulis buku masak Heritage Baking, mengungkapkan dirinya menggunakan penggosok chainmail untuk pembersihan mendalam. 

“Saya menggunakan penggosok chainmail kecil, dengan garam kosher dan sedikit air untuk menggosok bagian bawahnya,” ujar King.

Stubblefield menambahkan, penggosok chainmail adalah benda yang wajib dimiliki karena dapat membersihkan wajan besi cor tanpa menghilangkan lapisannya (seasoning).

Baca juga: Penyebab Adanya Noda Hitam pada Wajan Besi Cor dan Cara Mengatasinya

Busa spons

Busa spons yang tidak memiliki bagian abrasif juga perlu dimiliki. Ini bisa digunakan untuk pembersihan yang lebih ringan. Ditambah lagi, busa spons yang lembut tidak akan merusak atau menggores lapisan wajan besi cor.

Ilustrasi wajan besi cor, ilustrasi pengikis wajan, ilustrasi pan scraper.SHUTTERSTOCK / Bruce Peter Ilustrasi wajan besi cor, ilustrasi pengikis wajan, ilustrasi pan scraper.

Pengikis wajan

Stubblefield mengatakan, wajan besi cor dapat digunakan untuk membakar steak atau memanggang kue yang lezat. Sayangnya, wajan ini rentan meninggalkan partikel makanan yang menempel setiap digunakan untuk memasak

“Untuk membantu membersihkan setiap sudut dan celah, saya selalu merekomendasikan untuk memiliki pengikis wajan (pan scraper),” tutur Stubblefield.

Baca juga: Amankah Memasak dengan Wajan Besi Cor di Kompor Kaca?

Minyak

Wajan besi cor memiliki lapisan pelindung untuk menjaganya tetap bersih dan tahan lama. Proses pelapisan ini dinamakan seasoning atau membumbui lapisan pelindung pada suatu permukaan wajan.

Biasanya, proses membumbui wajan besi cor dilakukan menggunakan minyak. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis minyak goreng. Namun, beberapa ahli lebih menyukai minyak canola dan minyak rami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com