Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2022, 21:19 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comCuka putih merupakan salah satu bahan pembersih alami yang banyak digunakan orang untuk membersihkan rumah

Hal ini lantaran cuka memiliki sifat asam yang dapat menghilangkan penumpukan dan membantu menambah kilau. Namun, tidak semua benda bisa dibersihkan dengan cuka putih.

Nah, biar tak salah, mengutip House Digest, Minggu (106/1/222), berikut benda-benda yang dapat dibersihkan dengan cuka putih. 

Baca juga: Cuka Putih dan Cuka Apel, Mana yang Lebih Efektif Sebagai Pembersih?

Mesin cuci

Ilustrasi mesin cuci, ruang mencuciUnsplash/PlanetCare Ilustrasi mesin cuci, ruang mencuci

Menurut Architectural Digest, cuka putih yang telah disuling dapat digunakan untuk membersihkan mesin cuci bukaan atas (top-loading) atau bagian depan (front-loading).

Siapkan cuka putih yang telah disuling, baking soda, sikat gigi, kain lap, dan botol semprotan. Campur cuka putih dan baking soda, lalu masukkan ke botol semprotan. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan drum, pintu, bahkan bagian luar mesin cuci. 

Untuk mesin cuci tipe front-load, masukkan cuka terlebih dahulu kemudian nyalakan mesin cuci untuk mencuci beban cucian yang “kosong”. Lakukan hal yang sama untuk soda kue.

Pastikan saat sedang mencuci dua beban cucian “kosong” itu, kamu sudah menyetel mesin cuci pada suhu terpanas.

Baca juga: Simak, Manfaat Cuka Putih untuk Mencuci Pakaian

Kepala shower

Ilustrasi shower, kepala shower.SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINEN Ilustrasi shower, kepala shower.

Air dan percikan sabun dapat menyumbat kepala shower seiring berjalannya waktu. Untuk membersihkannya, manfaatkan kantung plastik berukuran 3,7 liter.

Isi kantung plastik dengan setengah cangkir baking soda, secangkir cuka putih, dan secangkir air. Kemudian ikat kantung plastik tersebut pada kepala shower hingga mereka terendam dalam campuran dan biarkan selama empat jam sebelum dibilas dengan kain lap.

Baca juga: 4 Bahan Alami untuk Membersihkan Dinding Shower dan Cara Membuatnya

Logam berkarat

Cuka putih dapat juga digunakan untuk membersihkan logam berkarat. Caranya, rendam benda yang berkarat dalam cuka putih selama setidaknya 30 menit. Kemudian, ambil benda tersebut, lalu sikat hingga karatnya hilang.

Keringkan benda tersebut hingga benar-benar bersih setelah menyikatnya untuk mencegah perkembangan karat baru. Saat menyikat karat, gunakan sarung tangan karet untuk melindungi kulit agar tetap aman dari karat dan cuka putih.

Pakaian

Ilustrasi handuk mandi Ilustrasi handuk mandi

Saat mencuci pakaian dan handuk, ganti cairan pelembut kain dengan cuka putih. Cuka putih dapat melembutkan, mengharumkan, dan mencerahkan kain.  

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com