Kompas.com - 16/01/2022, 18:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain  vas bunga, lukisan, atau karpet, barang lain yang dapat membuat ruang tamu semakin menarik adalah wallpaper.

Wallpaper memiliki beberapa jenis seperti wallpaper tradisional dan removable wallpaper. Warna dan pola yang ditawarkan pun cukup beragam.

Mengutip The Spruce, Minggu (16/1/2022), gaya memasang wallpaper di ruang tamu tidak selalu harus menutupi semua tembok. Kamu bisa mengkreasikannya seperti berikut ini.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Melepas Wallpaper Tanpa Merusak Dinding

Menutupi seluruh tembok

Gaya paling tradisional memasang wallpaper adalah menutupi seluruh tembok. Kunci utama membuat ruang tamu tidak terlihat kuno adalah memperhatikan pola.

Jangan memasang wallpaper berpola mencolok khas 1970-an atau pola bunga khas 1980-an pada seluruh tembok. Pilih wallpaper dengan warna, pola, dan gaya komteporer.

Untuk beberapa ruangan tertentu, wallpaper bergaya berani bisa terlihat luar biasa saat menutupi semua ruangan. Sementara beberapa ruangan lainnya cukup gunakan pola atau tekstur sederhana.

Baca juga: Sederet Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memasang Removable Wallpaper

Menutupi setengah tembok

Ilustrasi ruang tamu dengan dekorasi wallpaper. PIXABAY/STOCKSNAP Ilustrasi ruang tamu dengan dekorasi wallpaper.

Memasang wallpaper hanya pada bagian atas atau bagian bawah tembok juga dapat dilakukan. Idealnya, taruh pemisah antara wallpaper dan tembok non-wallpaper dengan lis dekoratif (chair molding).

Meski gaya ini sempat populer beberapa dekade terakhir, kamu masih bisa menemukannya pada masa kini di rumah-rumah dengan gaya yang condong ke arah tradisional.

Untuk pemasangan setengah tembok, coba pasang wallpaper pada bagian atas tembok dan panel pada bagian bawah tembok.

Baca juga: Plus Minus Penggunaan Wallpaper dan Cat pada Dinding Rumah

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.