Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bahan Alami untuk Membersihkan Dinding Shower dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 13/01/2022, 19:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membersihkan permukaan dinding shower tidak selalu menggunakan produk pembersih yang dibeli di toko swalayan.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini juga mudah ditemukan di dapur dan aman bagi lingkungan.  

Mengutip dari Our Oily House, Kamis (13/1/2022), berikut bahan-bahan alami untuk memberihkan dinding shower dan cara membuatnya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kerak Air pada Kaca Shower Kamar Mandi

Cuka

Cuka bisa efektif melumpuhkan kecoa.SHUTTERSTOCK/PAT_HASTINGS Cuka bisa efektif melumpuhkan kecoa.
Cuka memiliki tingkat keasaman yang baik untuk digunakan sebagai cairan pembersih. Cuka dapat melarutkan buih sabun, noda air, endapan mineral, dan residu detergen

Gunakan jenis cuka putih karena memiliki kandungan asam paling tinggi dan ampuh membersihkan berbagai noda dibanding jenis cuka lainnya.

Namun, cuka tidak boleh digunakan pada setiap permukaan seperti granit dan marmer karena dapat merusaknya. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Kepala Shower dengan Baking Soda

Sabun castile

Sabun castile adalah sabun berbahan dasar sayuran dan sangat terkonsentrasi. Biasanya, sabun ini terbuat dari bahan kelapa, rami, biji bunga matahari, jojoba, atau minyak zaitun. Sabun ini dapat menghilangkan buih sabun, bakteri, tanah, serta kotoran.

Minyak esensial

Ilustrasi minyak esensial lemon Amy_Lv Ilustrasi minyak esensial lemon

Beberapa minyak esensial yang dapat digunakan untuk membersihkan permukaan dinding shower seperti minyak lemon dan pohon teh. Minyak esensial bermanfaat membersihkan dan memurnikan benda-benda. 

Kebanyakan minyak esensial berbahan jeruk memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus. Hal ini membuatnya cocok dijadikan sebagai cairan pembersih berbahan alami. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Shower yang Berkerak

Alkohol gosok

Meski tidak 100 persen alami, alkohol gosok yang mengandung antara 60-90 persen alkohol dapat digunakan untuk membersihkan rumah. Alkohol dapat mendisinfeksi permukaan dan membersihkan minyak.

Mencampur alkohol gosok dengan air dalam botol semprot dapat menjadikannya sebagai disinfektan alami. Tambahkan sedikit minyak esensial untuk menghadirkan aroma segar sembari membunuh kuman.

Baca juga: 3 Jenis Shower Terbaik dan Berteknologi Tinggi untuk Kamar Mandi

Cara membuatnya 

  • Siapkan setengah cangkir cuka putih, setengah cangkir alkohol gosok, satu sendok teh sabun castile, 10 tetes minyak esensial lemon, tiga cangkir air, dan botol semprotan kaca.
  • Jika tidak punya sabun castile, ganti dengan sabun cuci piring cair apa pun.
  • Tuang semua ke dalam botol semprotan kaca, lalu tutup botolnya, kemudian dikocok sampai bahan-bahan bercampur dengan rata.

 

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Kepala Shower yang Kotor dan Berkerak 

Cara menggunakan cairan pembersih berbahan alami

Setelah cairan pembersih berbahan alami sudah jadi, kini saatnya menggunakannya. Semprot cairan tersebut ke dinding shower sesaat setelah kamu selesai mandi karena dinding masih basah.

Kamu tidak perlu mengelapnya dan cukup semprotkan cairan serta diamkan. Setelah itu, gosok permukaan dinding hingga terlihat bersih sebelum membilasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com