Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Kucing Berisik pada Malam Hari? Ini Tips Membantunya Tidur

Kompas.com - 10/01/2022, 22:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Purina.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengadopsi anak kucing kerap kali membuat sulit tidur mereka yang merawatnya, terutama pada malam hari. 

Hal ini karena anak kucing sering kali berisik dan aktifmenjelajahi rumah barunya sambil mengeong sepanjang malam ketika pemiliknya tengah tertidur lelap.

Baca juga: 3 Alasan Kucing Suka Berputar-putar Sebelum Tidur

Ini bisa disebabkan anak kucing merasa asing lantaran tidak ada bau yang familiar seperti sang induk atau melihat saudara-saudaranya yang lain.

Melansir dari Purina, Senin (10/1/2022), anak kucing yang berisik atau tidak tidur pada malam hari tidak selalu menunjukkan hal buruk karena kucing adalah hewan nokturnal, yakni aktif pada malam hari.

Jadi, bukan sesuatu mengherankan jika kucing akan terbangun sepanjang malam. Ditambah, lingkungan yang baru membuat anak kucing harus menyesuaikan diri sehingga anak kucing yang baru akan bangun lebih lama pada malam hari. 

Padahal, tidur malam sangat penting untuk perkembangan anak kucing. Umumnya, anak kucing membutuhkan waktu tidur dan beristirahat selama 18-20 jam per hari.

Baca juga: Tips Memilih Ras Kucing yang Cocok Dipelihara Berdasarkan Zodiak 

Akan tetapi, hal ini tidak selalu terjadi. Secara umum, kucing aktif pada malam menjelang pagi dan sore menjelang malam.

Nah, untuk mengatasi hal ini, berikut tips membantu anak kucing tidur pada malam hari.

Ajak bermain dan olahraga

Berat badan anak kucing juga merupakan hal lain yang perlu diperhatikan jika mencari cara merawat anak kucing baru lahir.SHUTTERSTOCK/HELENA LOPES Berat badan anak kucing juga merupakan hal lain yang perlu diperhatikan jika mencari cara merawat anak kucing baru lahir.

Anak kucing yang lelah cenderung akan tidur sepanjang malam. Untuk itu, jadwalkan sesi bermain dekat dengan jam tidur siang terakhirnya agar anak kucing mengeluarkan semua energinya sebelum tidur. 

Baca juga: Cara Merawat Anak Kucing yang Ditelantarkan Induknya

Ubah jam makan

Mengubah waktu makan anak kucing agar  terlambat makan dapat membantu kucing tidur lebih cepat. Kucing kan tidur untuk memungkinkan sistem pencernaannya bekerja.

Namun, perhatikan jumlah kalori jika kamu ingin memasukkan makanan ekstra atau yang lebih besar ke dalam pola makannya.

Perkenalkan objek familiar

Memiliki sesuatu yang berbau familiar dapat menjadi langkah besar membuat anak kucing terlelap sepanjang malam.

Biasanya, tempat penampungan dengan senang hati mengizinkan kamu membawa barang kesukaan hewan yang diadopsi seperti selimut. Beri waktu dan kesabaran pada anak kucing hingga mereka tertidur dengan sendirinya.

Baca juga: Cegah Boros, Begini Cara Hemat dalam Memelihara Kucing

Atur tempat tidur senyaman mungkin

Ilustrasi kucing keracunanUnsplash/Matthew Larkin Ilustrasi kucing keracunan

Anak kucing tertarik pada kehangatan dan kenyamanan ketika tidur. Ini berarti pengaturan tidur juga berpengaruh membantu anak kucing untuk tidur pada malam hari.

Tempat terbaik bagi anak kucing untuk tidur adalah jauh dari lokasi berangin dan cukup hangat agar tetap nyaman sepanjang malam. 

Baca juga: 8 Hal yang Menyebabkan Anak Kucing Hiperaktif

Tempatkan anak kucing berada di dekatmu pada beberapa malam pertama dan letakkan selimut lembut di kasurnya.

Kemudian, taruh kotak pasir, tempat minum, dan tempat makan tidak terlalu jauh dari anak kucing sebagai antisipasi jika mereka membutuhkannya pada malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com