Kompas.com - 10/01/2022, 20:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat memelihara anjing, sebagian orang tidak hanya memberikan mereka satu nama, yakni nama panggilan untuk anjing. 

Terkadang, anjing juga diberi nama lain. Entah itu kependekan dari nama panjangnya maupun memanggil nama anjing berdasarkan perilaku mereka. 

Hal ini terkadang membuat orang lain mungkin bingung. Namun, apakah anjing mengerti dan akan menyahut jika dipanggil dengan dua nama berbeda?

Baca juga: Apakah Anjing Bisa Alami Buta Warna seperti Manusia? Ini Penjelasannya

Anjing memahami hampir 250 kata

Ilustrasi anjing Alusky. SHUTTERSTOCK/DEJAVUDESIGNS Ilustrasi anjing Alusky.

Melansir Cuteness, Senin (10/1/2022), Stanley Coren, neuropsychological researcher, mengungkapkan rata-rata anjing mampu memahami sekitar 165 kata. Sementara itu, beberapa anjing lain dapat memahami hampir 250 kata.

Anjing dapat menyahut pada dua nama yang berbeda. Namun, ada beberapa hal yang membuatnya lebih mungkin mengingat dua nama itu dan merespondnya.

Secara umum, tipe nama yang paling mudah diingat anjing adalah nama yang mencakup dua suku kata. Hal ini mungkin disebabkan  penyampaian secara merdu yang sering diterapkan pada kata-kata tersebut.

Menurut VCA Hospitals, menyebut nama anjing dengan nada tinggi juga dapat membantunya belajar. Cara belajar paling baik dilakukan untuk anjing adalah menggunakan kombinasi isyarat visual dan verbal.

Baca juga: Betulkah Anjing Bisa Bernyanyi seperti Manusia? Ini Penjelasannya

Ilustrasi anjing Poodle atau pudel. PIXABAY/TANYA Ilustrasi anjing Poodle atau pudel.

Menarik perhatian anjing

Mengajari anjing merespons pada lebih dari satu nama dapat dilakukan dengan mudah jika nama dikaitkan dengan hal positif dan memberinya sesuatu.

Contohnya, ketika memberi makan anjing sambil memanggil anjing dapat membantunya anjing membentuk hubungan positif pada nama tersebut. 

Baca juga: 4 Fobia yang Umum Dialami Anjing dan Tanda-tandanya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Cuteness
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.