Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Memanfaatkan Dinding Kosong di Dapur untuk Ruang Penyimpanan

Kompas.com - 04/01/2022, 20:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Epicurious

JAKARTA, KOMPAS.com – Hadirnya tempat penyimpanan di dapur membuat pengaturan barang-barang menjadi lebih mudah.

Misalnya, semua peralatan makan ditaruh di satu lemari kabinet khusus, sementara makanan ringan di lemari kabinet lainnya. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa lambat laun dapur dapat kekurangan ruang penyimpanan. 

Baca juga: 3 Benda di Dapur yang Wajib Diberi Label, Apa Saja?

Melansir Epicurious, Selasa (4/1/2022), ada salah satu cara memaksimalkan ruang penyimpanan di dapur, yakni memanfaatkan dinding.

Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modernUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modern

Sayangnya, Lindsey Mather dari Clever mengatakan, masih ada orang-orang yang ragu memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan karena takut merusak visual dapur.

“Namun, itu (tempat penyimpanan di dinding) bisa menjadi indah jika dilakukan dengan benar. Rak terbuka memaksamu untuk menjadi lebih terorganisir,” ujarnya.

Baca juga: 6 Tips Mengatur Perlengkapan Dapur agar Lebih Rapi

Selanjutnya, memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan juga akan memangkas waktu saat di dapur, terlebih jika posisinya mudah dijangkau dengan tangan.

“Kamu akan memangkas waktu yang digunakan untuk mencari barang di laci yang mungkin sangat tidak terorganisir,” ucapnya. 

Berikut tips memanfaatkan dinding kosong di dapur menjadi ruang penyimpanan. 

Papan pasak (pegboard)

Menurut Mather, papan pasak sangat murah dan mudah didapat di toko perkakas. Papan juga bisa dicat dengan warna yang sama dengan dinding jika tidak ingin terlalu menonjol.

Papan pasak dapat digunakan untuk menggantung apa saja yang sering dipakai pada pengaitnya. Jika ingin menggantung serbet, kain mikrofiber, dan sebagainya, pasang batang kecil pada papan pasak.

Baca juga: Kenapa Panci Stainless Steel Berubah Warna karena Panas?

Rak panci gantung

Ilustrasi panci besi cor. PIXABAY/ERNEST_ROY Ilustrasi panci besi cor.

Rak panci gantung dapat dimanfaatkan untuk menaruh wajan besi (cast-iron skillet), wajan anti-lengket, dan peralatan memasak stainless steel lainnya.

Tempat penyimpanan ini juga dapat diakses saat kamu hendak memasak dan ingin mengeringkan peralatan masak usai dipakai.

Meski efektif, jangan gantung seluruh peralatan masak di rak panci gantung. Manfaatkan hanya untuk barang-barang yang penting agar mudah mengambilnya saat memasak. 

Baca juga: Catat, Ini Tanda Harus Mengganti Wajan dan Panci Antilengket

Magnet pisau

Magnet pisau adalah benda lain yang dapat menghemat ruang. Namun, pakailah hanya untuk tiga pisau yang paling penting seperti pisau koki, pisau pengupas, dan pisau bergerigi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com