Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Tanah Pot Tanaman Berkualitas dan Tahan Lama

Kompas.com - 23/12/2021, 15:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk bisa tumbuh subur, tanaman memerlukan tanah yang berkualitas.

Biasanya, tanah pot memiliki campuran berbahan dasar gambut karena dapat menahan air dan memiliki nutrisi yang disukai tanaman. Campuran berbasis gambut juga murah dan mudah dibuat karena ringan serta mudah dikemas dan dijual. 

Baca juga: Ini Cara Menguji Kualitas Tanah Pot Sebelum Menanam Tanaman

Namun, persoalannya gambut lebih cepat terurai dari bahan organik lainnya. Campuran berbasis gambut hanya bertahan paling lama satu musim.

Dilansir dari HGTV, Kamis (23/12/2021), campuran pot berbahan dasar gambut terlihat bagus saat Anda menuangkannya dari kantong.

Campuran ini kaya, longgar, hitam, dan sering ditingkatkan dengan pupuk atau kristal penahan air sehingga tanaman subur selama satu musim. 

Baca juga: 5 Hal yang Menunjukkan Tanaman Caladium Perlu Direpotting

Namun, setahun kemudian, tanaman tidak akan berkembang dan tanah pot mengalami keausan karena lumut gambutnya sudah membusuk.

Untuk itu, jika tanah pot telah berada di gudang sejak tahun lalu dalam kantong terbuka dan basah, sebaiknya segera membuangnya. Namun, bila tanah pot tetap kering, tidak apa-apa untuk digunakan.

Berikut beberapa cara membuat tanah pot tanaman berkualitas dan tahan lama. 

Baca juga: 7 Tanaman yang Dapat Membersihkan Udara Kotor di Kamar Tidur 

Repotting setiap tahun

repotting, mengganti pot tanaman repotting, mengganti pot tanaman
Ini adalah cara termudah dan terbaik untuk memberi tanaman tanah yang baik untuk tetap sehat. Caranya, merepotting tanaman setiap tahun. Letakkan tanah pot lama ke dalam petak bunga dan isi ulang pot tersebut dengan tanah pot yang baru.  

Perbaiki tanah pot yang ada di dalam kantong

Campurkan beberapa genggam perlit ke dalam campuran tanah berbasis gambut itu. Ini tidak akan mencegah gambut membusuk, tetapi membuat tanah diangin-anginkan.

Bahkan menambahkan beberapa genggam kompos dapat memperkaya nutrisi tanah gambut. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Kutu Putih pada Tanaman Kaktus Koboi 

Siram tanah setiap bulan

Letakkan tanaman di bak cuci atau bawa ke luar ruangan, lalu siram tanah untuk menghilangkan akumulasi garam pupuk dan endapan mineral dari air keran.

Alirkan air dari keran atau selang ke dalam tanaman sampai keluar dari lubang drainase dalam jumlah banyak. 

Baca juga: Ketahui, 5 Manfaat Tanaman Menurut Feng Shui

Buat campuran pot sendiri

Hal mendasar yang dibutuhkan sebagai bagian dari cara merawat tanaman agar tumbuh subur adalah menyiapkan tanah yang bernutrisi atau gembur untuk tumbuh dengan baik.PIXABAY/ALEX FOX Hal mendasar yang dibutuhkan sebagai bagian dari cara merawat tanaman agar tumbuh subur adalah menyiapkan tanah yang bernutrisi atau gembur untuk tumbuh dengan baik.
Untuk hasil lebih baik, sebaiknya membuat campuran tanah pot sendiri. Campur sendiri dengan kompos, sabut, perlit, batu apung, selubung cacing, vermikulit, dan bahan tambahan tanah lainnya.

Resep yang tepat tergantung pada jenis tanaman yang akan tumbuh di tanah. Tanah pot buatan sendiri akan bertahan dua musim atau lebih.

Jadi, itu sepadan dengan usaha, kecuali jika Anda hanya ingin membuang semua tanah pot setiap tahun dan memulai dari awal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com