Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mendekorasi Kamar Tidur agar Lebih Estetik dan Berkarakter

Kompas.com - 22/12/2021, 17:38 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bagi sebagian orang khususnya remaja, mendekor kamar tidur sesuai dengan gaya dan suasana hatinya menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

Dengan mendekor kamar, kamar tidur memiliki identitas dan keunikan tersendiri di rumah berbeda dengan ruangan lainnya yang biasanya terkesan netral.

Ada banyak sekali gaya desain kamar estetik yang biasa ditemui, beberapa diantaranya memiliki aspek-aspek yang berhubungan dengan alam, seni dan gaya vintage.

Melansir dari Web Mediums, Rabu (22/12/2021), seringkali desain kamar estetik tidak ada yang identik sama satu dengan lainnya. Ini karena desain ini berdasarkan preferensi pribadi dan kreatifitas si pemilik kamar.

Baca juga: 5 Warna yang Menenangkan untuk Kamar Tidur

Elemen penting dalam dekorasi gaya estetik

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna hijau zaitun atau olive green. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna hijau zaitun atau olive green.

Tentunya gaya desain ini ditandai dengan kreatifitas, seni dan ide-ide orisinil dari si pemilik kamar. Namun sebenarnya ada beberapa elemen khas yang seringkali digunakan dalam kamar bergaya estetik. Jika kamu ingin mendesain kamar bergaya ini, berikut elemen yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Tanaman: penggunaan tanaman bisa membuat ruangan menjadi indah dan nyaman. Kamu bisa menggunakan tanaman alami maupun buatan sebagai hiasan di beberapa ruang kosong.
  • Dinding berwarna terang: sebaiknya gunakan dinding warna terang agar dekorasi lainnya terlihat tidak berlebihan. Dengan ini kamu bisa menggunakan dekorasi dengan warna menonjol.
  • LED light: efek lampu akan membuat kamar bernuansa artistik dan unik. Kamu bisa menggunakan lampu gantung kelap-kelip ataupun lampu strip led yang bisa kamu tempel di dinding dan sudut tempat tidur.
  • Seni fotografi / poster: kamu bisa menggunakan foto-foto atau kumpulan poster sebagai kolase di dinding. Kamu juga bisa menggabungkannya dengan tipografi seperti led yang membentuk tulisan.

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Kamar Tidur Berwarna Putih

Desain kamar estetik yang populer

Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat hijauUnsplash/Beazy Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat hijau

Berikut ini beberapa contoh desain kamar estetik yang cukup populer sebagai inspirasimu.

1. Art Hoe

Desain ini menggabungkan kesan orisinil dengan suasana hippie dan sering dikaitkan dengan alam, lukisan dan bunga.

Salah satu warna yang sangat populer digunakan untuk desain ini adalah kuning dan warna-warna hangat dan ceria lainnya.

Untuk elemen dekoratif kamu bisa menambahkan karya seni kontemporer seperti fotografi artistik, buku-buku sastra dan karya seni lainnya.

Baca juga: 4 Trik Membuat Kamar Tidur Anak yang Menarik dan Nyaman

2. Aesthetic vintage

Dekorasi ini memberikan nuansa kamar tidur yang vintage namun dengan dekorasi-dekorasi modern.

Idenya adalah untuk menyelaraskan elemen bergaya vintage dengan gaya masa kini sehingga ruangan tidak terkesan tua.

Kamu bisa menambahkan piringan hitam ataupun poster-poster artis bergaya lama. Gunakan lampu berwarna kuning dan cahaya yang rendah untuk kesan hangat dan jadul.

Baca juga: 5 Tips Menata Kamar Tidur agar Terasa Nyaman dan Tenang

3. Kawaii

Kawaii adalah dekorasi modern yang terinspirasi dari budaya Jepang. Dekorasi ini menggunakan perabot dan warna-warna menggemaskan yang identik dengan citra feminim.

Beberapa palet warna yang bisa menjadi pilihan adalah lilac, pink dan hijau aquamarine. Tambahkan pula objek-objek kawaii seperti awan, hello kitty, beruang dan karakter kartun lainnya. Agar kamar lebih hidup, gunakan lampu strip LED dengan warna-warna pastel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com