Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Membeli Humidifier? Jangan Lupa Mengukur Ruangan Terlebih Dulu

Kompas.com - 06/12/2021, 14:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Udara di dalam ruangan yang terlalu kering dapat menyebabkan masalah kesehatan. Mulai dari, bibir pecah-pecah, rambut dan mata kering, hingga masalah pernapasan seperti asma.

Untuk mengurangi udara kering dalam ruangan, Anda dapat menggunakan pelembap ruangan atau humidifier.  

Baca juga: Jangan Asal, Ini Aturan Meletakkan Humidifier di Dalam Ruangan

Namun, sebelum membeli humidifier, penting untuk mengukur ruangan guna menentukan pilihan atau ukuran humidifier yang tepat. 

Pasalnya, ukuran humidifier yang salah dapat membuat kinerja dan manfaat humidifier tidak maksimal serta berpotensi membahayakan kesehatan. 

Selain itu, humidifier yang tidak dapat melepaskan kelembapan cukup ke ruangan tidak dapat meredakan gejala kulit kering dan gatal.

Di sisi lain, pelembap udara yang berlebihan dapat menciptakan lingkungan lembap yang bisa menjadi tempat berkembang biak bagi tungau debu dan jamur serta memicu reaksi alergi.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Tepat Membersihkan Humidifier

“Karena kelembapan tinggi menyebabkan masalah tersendiri, hindari membeli pelembap udara yang terlalu besar dan pilih yang dirancang untuk ukuran ruangan Anda,” kata Misha Kollontai, insinyur yang memimpin pengujian pelembap udara Consumer Reports, dilansir dari Consumer Repots, Senin (6/12/2021),

Menurut Energy Star, tingkat kelembapan di rumah idealnya harus berada antara 30-50 persen. Di daerah yang lebih dingin selama musim panas, untuk kelembapan ruangan, berkisar antara 30-40 persen untuk mencegah kondensasi jendela. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membersihkan Humidifier 

Cara menentukan humidifier sesuai dengan ruangan 

Untuk menemukan humidifier yang sesuai ukuran ruangan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukur luas ruangan. Kemudian perhatikan peringkat pelembap udara.

Ada beberapa pilihan ukuran humidifier untuk setiap ruangan. Mulai dari, untuk kamar tidur sebesar 20 meter persegi, ruangan kecil 24 meter persegi, ruangan sedang sebesar 27 meter persegi, ruangan besar 46 meter persegi, hingga tipe konsol yang dapat ditempatkan pada luasan ruang 92 meter persegi hingga lebih. 

Baca juga: Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Humidifier

Untuk itu, sebelum membeli humidifier, pertimbangkan melihat dan mengukur ruangan terlebih dahulu. Produsen biasanya memberi tahu bahwa humidifier tersedia untuk ukuran ruangan tertentu.

Sebagian besar unit dalam peringkat humidifier adalah unit kabut dingin, jenis yang paling banyak dijual. Beberapa adalah kabut hangat atau dikenal sebagai alat penguap uap. Beberapa kabut ganda yang mampu menghasilkan kabut hangat serta dingin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com