Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Aturan Meletakkan Humidifier di Dalam Ruangan

Kompas.com - 12/11/2021, 21:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Udara di dalam rumah yang kering dapat menyebabkan berbagai masalah seperti hidung tersumbat serta kulit dan bibir yang kering.

Meningkatkan kelembapan di udara merupakan cara terbaik mengatasi masalah ini. 

Berbagai produsen peralatan elektronik menawarkan produk humidifier yang dapat meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan.  

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Tepat Membersihkan Humidifier

Akan tetapi, melansir dari Apartment Therapy, Jumat (12/11/2021), seperti halnya peralatan rumah tangga lainnya, menjalankan pelembap udara memiliki berbagai peringatan penting, termasuk mencegah kerusakan signifikan pada rumah.

Hal ini juga terkait dengan lokasi meletakkan humidifier di dalam ruangan. Saat menjalankan pelembap udara, hindari meletakkannya di dekat kayu seperti lantai kayu, di atas furnitur kayu, bahkan di dekat trim kayu dan lemari.

Sebab, udara lembap yang dihasilkan dari humidifier dapat melunakkan bahan berserat di rumah. 

Bryan Buckley, manajer merek di One Hour Heating & Air Conditioning mengatakan kelembapan dapat menyebabkan kayu melengkung seiring waktu karena seratnya mengendur, yang mengakibatkan kerusakan.  

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membersihkan Humidifier

"Saat ingin menjalankan humidifier, jauhkan pelembap udara dari barang-barang berserat, termasuk buku dan kertas. Selain itu, jaga jarak dari peralatan elektronik untuk menghindari potensi kerusakan listrik yang disebabkan kebocoran humidifier," kata Buckley.

Saran penempatan pelembap udara lainnya adalah tentang memastikan alat bekerja secara efektif saat membutuhkannya dan mencegah tagihan listrik yang terlalu tinggi.

“Hindari menempatkan humidifier di dekat radiator atau ventilasi karena akan menyebabkan kesalahan pembacaan dan menyebabkan humidifier berfungsi pada kapasitas yang lebih tinggi dari yang dibutuhkan,” ucap Buckley. 

Baca juga: Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Humidifier 

Tempat terbaik untuk meletakkan humidifier 

Ilustrasi humidifier. FREEPIK/PVPRODUCTIONS Ilustrasi humidifier.
Buckley merekomendasikan, meletakkan humidifier di area rumah yang paling membutuhkannya seperti di ruang terkering atau di ruangan yang paling sering Anda menghabiskan waktu. 

Misalnya, jika Anda menjalani work from home (WFH) dan hidung tersumbat, letakkan humidifier di ruang kerja. Setelah itu, letakkan di ruang tamu pada siang hari dan simpan di kamar tidur saat tidur.

Namun, ada beberapa praktik terbaik untuk menjaga humidifier berfungsi secara optimal untuk mengurangi risiko kerusakan pada bagian lain dari rumah Anda. 

Baca juga: Apakah Perlu Menggunakan Humidifier di Ruangan Ber-AC?

Secara umum, atur jarak pelembap udara sekitar sembila sentimeter dari Anda, termasuk saat tidur.

Untuk sirkulasi ideal, Buckley menyarankan meletakkan humidifier pada permukaan non-kayu yang ditinggikan seperti meja samping atau rak, yang juga akan melindungi dari kemungkinan air bocor ke lantai atau trim kayu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com