Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman yang Ampuh Mengusir Ular dari Pekarangan Rumah

Kompas.com - Diperbarui 25/02/2023, 14:24 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

Sumber Pets

JAKARTA, KOMPAS.com - Ular adalah bagian penting dari ekosistem. Namun, banyak spesies ular memiliki bisa serta gigitan yang berbahaya bahkan mematikan bagi manusia.

Oleh karena itu, jika Anda tinggal di daerah rawan ular, cobalah menggunakan tanaman tertentu yang dapat mengusir ular berbisa dari pekarangan rumah Anda.

Lantas, tanaman apa saja yang dapat mengusir ular? Dikutip dari Pets, berikut 7 tanaman yang ampuh mengusir ular dari pekarangan.

Baca juga: Gejala dan Cara Mengatasi Gigitan Ular pada Kucing

Ilustrasi bunga marigold. PIXABAY/YGANESHBABU Ilustrasi bunga marigold.

1. Marigold

Selain bunganya yang berwarna cerah dan indah, tanaman ini telah lama ditetapkan sebagai salah satu pengusir hama dan ular yang paling ampuh.

Tanaman ini memiliki akar yang sangat kokoh dan mereka memancarkan bau yang kuat sampai ke lubang liang ular. Sehingga menghindarkan pekarangan rumah Anda dari ancaman ular berbahaya.

Baca juga: Tips Keluarkan Ular dari Lubang WC Menurut Petugas Pemadam Kebakaran

2. Lidah mertua

Lidah mertua adalah salah satu tanaman terbaik yang mengusir ular karena daunnya yang tajam. Selain itu, tanaman ini juga dapat meremajakan oksigen dengan kecepatan yang lebih tinggi dari biasanya.

Tidak seperti tanaman bau, ular menemukan pemandangan Lidah Mertua menakutkan. Ini adalah tanaman yang tampak bagus untuk dimiliki di sekitar taman sebagai cara untuk mencegah ular masuk ke rumah.

Tak hanya itu, kelebihan tanaman ini ialah perawatannya renda. Tanaman membutuhkan air hanya tiga kali seminggu dan tanaman tahunan ini akan bertahan selama bertahun-tahun.

Baca juga: 6 Hal yang Dapat Dijadikan Alas Tidur Ular Peliharaan

3. Serai

Serai menghasilkan bau jeruk yang menyengat dan tidak disukai ular. Citronella juga merupakan produk sampingan dari serai, yang dibenci nyamuk.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com