Kompas.com - 04/12/2021, 09:50 WIB
Ilustrasi pakaian kusut. SHUTTERSTOCK/VADYM SHIlustrasi pakaian kusut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian kusut tentu akan memengaruhi penampilan kita saat mengenakannya. Namun demikian, seringkali kita juga tidak memiliki waktu untuk menyetrika pakaian.

Dikutip dari Reader's Digest, Sabtu (4/12/2021), ada beberapa cara merapikan pakaian kusut tanpa perlu disetrika. Anda dapat menerapkan cara ini baik di rumah maupun ketika Anda bepergian.

Berikut cara merapikan dan meluruskan pakaian kusut tanpa perlu disetrika.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Memperbaiki Benang Pakaian Tersangkut

Ilustrasi pakaian kusut. SHUTTERSTOCK/ART_PHOTO Ilustrasi pakaian kusut.

1. Gunakan hair dryer untuk menghilangkan kerutan pada pakaian

Letakkan pakaian kusut kusut di atas permukaan yang rata dan semburkan udara panas dengan pengering rambut alias hair dryer. Jauhkan hair dryer beberapa inci di atas kain, dan tutupi bagian depan dan belakang pakaian.

Kerutan akan hilang dengan cepat. Anda juga dapat memercikkan atau menjentikkan beberapa tetes air pada pakaian sebelum dikeringkan dengan hair dryer untuk membantu melembutkannya.

2. Manfaatkan shower

Misalnya ketika Anda bepergian dan menginap di hotel, serta harus mencuci pakaian dengan tangan, kerap kali tidak ada setrika di kamar hotel. Gantung pakaian kusut di kamar mandi dan nyalakan shower, menggunakan air suhu terpanas.

Tutup pintu kamar mandi untuk menciptakan efek sauna. Periksa kembali dalam waktu sekitar 10 menit, tetapi pahami bahwa mungkin diperlukan waktu hingga 20 menit untuk menghilangkan kerutan sepenuhnya.

Baca juga: 3 Jenis Detergen untuk Mencuci Pakaian dan Plus Minusnya

Jika Anda menggantung pakaian di batang tirai shower, pastikan shower menghadap jauh dari pakaian untuk menghindari pakaian basah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.