Kompas.com - 04/12/2021, 12:24 WIB
Lidah mertua adalah tanaman hias daun yang memiliki beragam daun yang tumbuh tegak, dan beberapa varietas memiliki tepian kuning atau putih. SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIOLidah mertua adalah tanaman hias daun yang memiliki beragam daun yang tumbuh tegak, dan beberapa varietas memiliki tepian kuning atau putih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua (Sansevieria trifasciata) merupakan tanaman populer yang memiliki kemampuan untuk membersihkan racun di udara.

Karena kemampuannya itu, banyak orang ingin mengoleksi lidah mertua dalam jumlah yang banyak, agar mereka mendapat manfaat yang lebih banyak pula.

Untungnya, tanaman lidah mertua yang kamu miliki di rumah bisa diperbanyak jumlahnya tanpa harus membelinya.

Baca juga: Simak, Ini Sejumlah Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua

Dilansir dari Dengarden, Sabtu (4/12/2021), berikut ini 4 cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman lidah mertua.

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria Pagoda.SHUTTERSTOCK/CHAVANILLA Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria Pagoda.

1. Pisahkan atau membaginya

Keluarkan tanaman lidah mertua dari dalam pot. Ambil pisau dan potong akar tanaman lidah mertua untuk memisahkan batangnya.

Tempatkan batang baru atau yang dipisahkan ke dalam pot baru dan tutupi akarnya dengan tanah atau media tanam.

2. Dengan tunas muda

Keluarkan tanaman lidah mertua dari dalam pot.

Baca juga: 5 Ciri Tanaman Lidah Mertua Hampir Mati

Singkirkan kotoran secara perlahan. Kamu mungkin akan menemukan tunas muda (rimpang) yang tersembunyi di bawah tanah atau media tanam.

Tarik pucuk lidah mertua hingga ke akarnya, dan jangan khawatir akan menjadi kasar dengannya. Kamu juga bisa memotongnya dengan pisau.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Dengarden
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.