Kompas.com - 04/12/2021, 09:12 WIB
Ilustrasi tanaman bunga tapak dara. SHUTTERSTOCK/SWEETCRISISIlustrasi tanaman bunga tapak dara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tapak dara (Catharantus roseus) adalah tanaman bunga yang banyak ditanam di halaman rumah, baik di tanah maupun di pot. Tanaman ini pun diyakini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (4/12/2021), tanaman bunga tapak dara oleran terhadap banyak kondisi pertumbuhan di mana cuaca hangat setiap tahun dan tanah berdrainase baik. Anda pun dapat dengan mudah menanam tapak dara di rumah.

Bunga berbentuk serupa bintang serta daun mengilap menjadi ciri khas tanaman tapak dara. Tanaman ini berasal dari Madagaskar dan di daerah tropis hingga semi-tropis.

Baca juga: Mengapa Batang Tanaman Bunga Anggrek Berubah Warna Jadi Cokelat?

Ilustrasi tanaman bunga tapak dara. PIXABAY/BISHNU SARANGI Ilustrasi tanaman bunga tapak dara.

Bunganya dapat ditemukan dalam warna putih, merah muda dan ungu kemerahan. Tapak dara adalah tanaman yang mudah dirawat, dan dapat tumbuh sebagai tanaman tahunan.

Menanam tapak dara

Metode penanaman yang paling umum adalah melalui stek. Di iklim hangat, tapak dara tumbuh dengan cepat hingga ketinggian hingga 61 cm

Benih tapak dara berkecambah pada suhu 21 hingga 23 derajat celcius dalam waktu sekitar satu minggu.

Perawatan harus dilakukan untuk memastikan tempat tidur taman kering. Bahkan berguna untuk menanam tapak dara di lahan yang ditinggikan dengan pasir.

Baca juga: 5 Tips Menanam Bunga di Pot Gantung agar Tetap Cantik

Tanaman tapak dara sangat terpengaruh oleh hujan lebat atau penyiraman berlebih dan dapat mengembangkan busuk akar dalam situasi seperti itu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.