Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2021, 08:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bunga anggrek bisa tampak seperti tanaman yang menantang untuk dirawat. Akan tetapi, jika mengikuti panduan yang benar, perawatannya bisa sangat mudah.

Dikutip dari Express UK, Selasa (30/11/2021), dikenal karena kemampuannya untuk bertahan selama beberapa bulan pada suatu waktu, anggrek sering diberikan sebagai hadiah dan menjadi tanaman hias yang sempurna, tetapi bagaimana cara merawat anggrek yang benar.

“Anggrek adalah tanaman hias yang sangat halus yang telah menjadi favorit di rumah tangga selama bertahun-tahun berkat bunganya yang indah yang dapat bertahan selama berbulan-bulan," kata para pakar di Baby Bio.

Baca juga: Mengapa Batang Tanaman Bunga Anggrek Berubah Warna Jadi Cokelat?

Ilustrasi bunga anggrek Spathoglottis plicata. SHUTTERSTOCK/PAULOSE N K Ilustrasi bunga anggrek Spathoglottis plicata.

“Namun, bukan rahasia lagi bahwa mereka memiliki persyaratan khusus dan oleh karena itu harus diperlakukan dengan hati-hati, reputasi yang menyebabkan banyak pecinta tanaman waspada untuk memiliki anggrek," jelas mereka.

Menurut para pakar di Baby Bio, kunci perawatan anggrek terletak pada lingkungannya. Di habitat aslinya, anggrek tumbuh di pohon atau di bebatuan.

“Sebagian besar anggrek secara alami tumbuh tinggi di puncak pohon hutan hujan di kulit kasar daripada di tanah," tutur mereka.

Artinya pemilik anggrek harus mencoba meniru lingkungan ini. Anggrek harus dimasukkan ke dalam pot dengan kompos berbahan dasar kulit kayu untuk membantu aerasi dan drainase.

Baca juga: Cara Merawat Anggrek Cymbidium, Cantik Saat Cuaca Dingin

Kompos berbasis kulit kayu dapat membantu mencegah tanaman menjadi tergenang air.

“Meskipun rentan terhadap air yang berlebihan, anggrek mendapatkan sebagian besar kelembapannya dari udara dan karenanya lebih menyukai kelembapan," ungkap para pakar di Baby Bio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com