Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2021, 20:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggrek adalah salah satu tanaman bunga paling populer. Keindahan bungaa anggrek yang hadir dalam beragam warna memberikan nuansa elegan dan mewah, baik di dalam ruangan maupun di halaman rumah.

Meski tampaknya mudah, namun sebetulnya perawatan anggrek membutuhkan perhatian khusus. Jika Anda tidak mengetahui cara merawat anggrek yang benar, maka tanaman bunga ini bisa layu dan mati.

Dilansir dari Balcony Garden Web, Kamis (14/10/2021), berikut sejumlah kesalahan dalam merawat anggrek yang harus dihindari, khususnya bagi pemula.

Baca juga: Mengenal Anggrek Spathoglottis dan Cara Merawatnya

Ilustrasi bunga anggrek berwarna biru. PIXABAY/CAPRI23AUTO Ilustrasi bunga anggrek berwarna biru.

1. Terlalu banyak memberikan air

Ini adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemula dalam merawat anggrek. Ingat, anggrek tidak seperti tanaman hias lainnya dan karena tidak tumbuh di tanah kebun biasa, kebutuhan penyiramannya juga berbeda.

Jangan menyirami tanaman anggrek setiap hari. Siram hanya ketika media tanam terasa agak kering saat disentuh.

Cara lain yang bisa Anda ikuti adalah menggunakan botol semprot, ini akan membantu Anda melembapkan media tanam secara merata namun tidak berlebihan.

2. Memberi pupuk secara berlebihan

Orang sering berpikir bahwa pemupukan tanaman dengan frekuensi sering akan menghasilkan lebih banyak bunga, tapi itu tidak terjadi dengan anggrek. Hindari menggunakan terlalu banyak pupuk, terutama setiap minggu, karena lebih banyak ruginya ketimbang untungnya bagi anggrek.

Baca juga: Panduan Menyiram Anggrek dengan Air Ledeng

Gunakan pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium dalam jumlah yang sama seperti 10-10-10 dalam kekuatan setengah atau seperempat, encerkan dengan air. Aplikasikan sekali dalam 5-6 minggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com