Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Pencahayaan di Dalam Ruangan agar Lebih Indah dan Nyaman

Kompas.com - 19/11/2021, 15:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - In-Lite, penyedia lampu LED asal Indonesia, bekerja sama dengan Casa Indonesia menyelenggarakan webinar bertema "Your Cozy Sanctuary: Lampu sebagai Dekorasi Penting dalam Rumah untuk Menambah Kenyamanan". 

Acara ini dihadiri Komunitas Tetangga Online dan para ahli di bidang desain interior. Diskusi ini membahas bahwa lampu tidak hanya berfungsi sebagai alat penerangan, tapi juga salah satu elemen penting dalam dekorasi yang kerap kali terabaikan para pemilik properti

Baca juga: 6 Ide Pencahayaan untuk Ruang Keluarga

Dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/11/2021), Adianto Salim, Co Founder dan Creative Director dari Insignio Studio, menjelaskan, tujuan penerangan atau pencahayaan dalam desain interior bertujuan membantu mengarahkan mata melihat objek dalam ruangan secara menyeluruh. 

Sumber pencahayaan dibagi menjadi dua, yakni cahaya natural dan cahaya arsitektural. Cahaya natural dapat dimaksimalkan dari ventilasi dan cahaya arsitektural dapat menjadi sumber penerangan pendukung yang berfokus pada kegiatan di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Masalah Pencahayaan di Rumah dan Cara Mengatasinya

Anda dapat menyesuaikan pemilihan penerangan berdasarkan fungsi ruangan. Namun, untuk memberikan nuansa berbeda di ruangan, dapat menerapkan pencahayaan berlapis dengan general lighting, indirect lighting, spot light yang fokus di area kegiatan, dan decorative light pada titik-titik tertentu.

Selain itu, dapat memfokuskan titik cahaya ke detail arsitektur atau tekstur yang menarik untuk menciptakan efek dramatis. Pemilihan warna lampu juga mampu mempengaruhi mood. 

Baca juga: 6 Permasalahan Pencahayaan yang Dialami di Dapur dan Cara Mengatasinya 

Pencahayaan memegang peranan penting

Perlu diketahui, dalam perencanaan desain sebuah ruangan, lampu memegang peranan penting. Pemilihan lampu yang tepat dapat menambah nilai obyek visual seperti furnitur, lukisan, patung, atau tekstur suatu permukaan.

Permainan bayangan dan garis cahaya juga bisa menjadi fitur dekoratif yang menarik. Adi berpesan untuk jangan takut bereksperimen dan bersenang-senang dalam mendesain ruangan impian. 

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan untuk Mencerahkan Setiap Ruang di Apartemen

Fransiska Darmawan, General Marketing Manager In-Lite, mengatakan melihat tren tingginya minat terhadap home improvement, terutama pada masa pandemi ini.

Kehadiran lampu merupakan kebutuhan yang selalu dinikmati setiap hari, tapi fungsinya sebagai elemen penting dari dekorasi rumah kerap diabaikan.

"Kami berharap dengan diadakannya webinar ini dapat memberikan pemahaman lebih mendalam kepada masyarakat mengenai pentingnya penggunaan pencahayaan untuk menunjang kenyamanan dan estetik rumah.”  

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Jenis Pencahayaan untuk Kamar Mandi

Sebagai merek lokal yang menyediakan one stop lighting solution, In-Lite berkomitmen terus berinovasi memberikan penerangan berbasis LED bagi masyarakat Indonesia.

In-Lite menyediakan jenis-jenis produk lampu yang lengkap untuk seluruh ruangan dengan harga kompetitif, berkualitas tinggi, dan bersertifikasi SNI.

Sebagai upaya menjangkau masyarakat, kini In-Lite tersedia di berbagai platform digital, jaringan minimarket, supermarket bahan bangunan, serta toko-toko listrik di seluruh Indonesia.

Melalui kemudahan akses terhadap produk, In-Lite berharap dapat menerangi Indonesia dengan pencahayaan yang berkualitas dan berjangka panjang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com