Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Masalah Kesehatan yang Muncul pada Kucing yang Kegemukan

Kompas.com - 14/11/2021, 21:43 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber My Animals

JAKARTA, KOMPAS.com-- Melihat kucing yang gemuk mungkin tampak lucu dan menggemaskan. Namun sebenarnya, kucing yang kegemukan justru berisiko terserang penyakit tertentu. 

Berikut adalah lima penyakit yang bisa menyerang kucing yang obesitas seperti dilansir dari My Animals, Minggu (14/11/2021).

1. Diabetes

Obesitas tidak hanya menjadi faktor risiko diabetes pada kucing, tetapi dapat membuat diabetes lebih sulit dikendalikan.

Kucing gendut yang menderita obesitas membuat mereka harus menjalani pengobatan khusus dibanding mereka yang memiliki berat badan normal. 

Studi menunjukkan bahkan pada kucing muda di bawah usia satu tahun, kepekaan mereka terhadap insulin dapat diubah oleh obesitas, jadi penting untuk menjaga kucing memiliki tubuh yang tetap ideal dan langsing, bahkan sejak masih anak kucing.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Meringkuk Saat Tidur

2. Penyakit saluran kencing

Obesitas juga bisa menjadi faktor risiko penyakit saluran kemih bagian bawah kucing (FLUTD), dan seperti halnya diabetes, menurunkan berat badan ekstra adalah pengobatan andalan, bersama dengan beberapa modifikasi diet khusus dan manajemen stres.

Kamu bisa mengajak kucing berolahraga dan bermain dengan mereka untuk mendorong aktivitas kucing dalam ruangan untuk membantu menjaga kucing tetap langsing dan mengurangi stres.

3. Osteoartritis

Dibandingkan dengan kucing kurus, kucing yang kelebihan berat badan hampir lima kali lebih berisiko untuk mengembangkan kepincangan yang memerlukan kunjungan ke dokter hewan.

Namun, kabar baiknya, bahkan menurunkan berat badan 6-8% pada anjing menunjukkan peningkatan rasa sakit dan membutuhkan lebih sedikit obat dan penurunan berat badan juga memiliki manfaat yang sama pada kucing.

Baca juga: Apakah Kucing Hewan yang Cemburuan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com