Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tanaman Hias Ini Mampu Cegah Pertumbuhan Jamur di Rumah

Kompas.com - 13/11/2021, 22:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur adalah masalah umum saat musim hujan karena kelembapan akibat air dan cuaca dingin. Namun demikian, ada beberapa tanaman hias yang mampu mencegah pertumbuhan jamur di dalam rumah.

Dilansir dari Express, Sabtu (13/11/2021), ketika jamur muncul di rumah, tidak hanya tidak menyenangkan untuk dilihat, penumpukan jamur juga dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan.

Tanaman dalam ruangan dapat membantu meningkatkan kualitas udara di rumah dengan menyerap racun.

Baca juga: Studi Ungkap, Tanaman Hias Bisa Meningkatkan Daya Ingat dan Kesehatan

Selain itu, tanaman hias juga dapat menurunkan kelembapan dan tingkat kelembapan di udara melalui daunnya, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko berkembangnya jamur, terutama di kamar mandi atau dapur.

Penelitian menunjukkan bahwa ruangan dengan tanaman dapat memiliki 40 hingga 60 persen lebih sedikit spora jamur dan bakteri. Akan tetapi, tidak semua tanaman efektif menghilangkan jamur dan lumut, itulah sebabnya memilih tanaman hias yang tepat sangat penting.

Berikut adalah tiga tanaman hias terbaik untuk mencegah pertumbuhan jamur di rumah.

1. English ivy

Dalam hal mengatasi jamur, English ivy disebut-sebut sebagai salah satu tanaman terbaik. English ivy tidak hanya menghilangkan jamur di udara, tetapi juga menghilangkan racun lain, seperti formaldehida dan benzena.

Baca juga: Panduan Meletakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah

English ivy tumbuh paling baik dalam cahaya terang dan tidak langsung, dan tanahnya harus tetap lembap.

Namun, daunnya beracun bagi hewan, maka pemilik hewan peliharaan harus memastikan untuk menjauhkan tanaman ini dari jangkauan anjing atau kucing.

2. Peace lily

Tanaman cantik ini tidak hanya menambah sentuhan estetika pada ruangan, berkat bunga putihnya yang menakjubkan. Namun, daunnya juga sangat baik dalam menghilangkan kelembapan dari udara.

Tanaman bunga peace lily senang di tempat teduh dan tumbuh paling baik di daerah dengan kelembapan tinggi. Ini juga merupakan area yang paling mungkin terkena jamur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com