Kompas.com - 13/11/2021, 14:14 WIB
Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur. UNSPLASH/SPACEJOYIlustrasi tanaman hias di kamar tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya memperkaya dekorasi rumah. Tanaman hias dalam ruangan ternyata juga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Dokter dan pemandu siniar BBC Just One Thing Michael Mosley mengungkapkan manfaat kesehatan dari mendekorasi rumah atau kantor dengan tanaman hias. Tanaman hias tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga membantu meningkatkan daya ingat, suasana hati, dan membantu paru-paru.

Dilansir dari Express, Sabtu (13/11/2021), Mosley menjelaskan berapa banyak tanaman yang Anda butuhkan, manfaat kesehatannya, dan penelitian di balik meletakkan tanaman hias di dalam rumah.

Baca juga: Panduan Meletakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah

“Saya di ruang kerja saya di rumah. Untuk satu hal saja minggu ini, saya mengisinya dengan tanaman hias,” kata Mosley.

Menurut Mosley, penelitian menunjukkan bahwa tanaman dalam ruangan dapat meningkatkan memori, produktivitas, suasana hati dan bahkan mengurangi polusi udara.

Bagaimana tanaman hias dapat meningkatkan kesehatan?

Tanaman dapat meningkatkan kesehatan kita dengan mengurangi polusi udara dalam ruangan di rumah dan kantor. Tanaman dal ruangan juga dapat meningkatkan kelembapan, yang bermanfaat bagi kulit kita.

Mosley menjelaskan, polutan udara dalam ruangan meliputi senyawa organik volatil (VOC) dan juga karbon dioksida (CO2).

Baca juga: 4 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Teras dan Balkon

“Dalam konsentrasi normal, CO2 tidak berbahaya tetapi dalam konsentrasi yang lebih tinggi, itu dapat mengganggu pemikiran dan pengambilan keputusan," tutur dia.

Polutan dalam ruangan bisa sama berbahayanya, karena sebuah studi oleh Royal College of Physicians mengaitkannya dengan berbagai masalah kesehatan, seperti asma, mengi, konjungtivitis, dermatitis, dan eksim.

Berapa banyak tanaman yang dibutuhkan dan jenis apa?

Dokter Tijana Blanusa, yang juga ilmuwan utama Royal Horticulture Society, merekomendasikan untuk ruangan kecil, letakkan setidaknya lima atau enam tanaman.

“Kami telah menemukan bahwa tanaman yang tumbuh cepat, membutuhkan cukup banyak air, secara fisiologis, aktif memberikan lebih banyak manfaat. Jadi, secara praktis, bunga peace lily dan devil's ivy," saran dia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Express
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.