Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 4 Kesalahan Saat Memindahkan Tanaman ke Dalam Ruangan

Kompas.com - 20/10/2021, 18:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias yang berada di luar ruangan harus dipindahkan ke dalam ruangan ketika ada perubahan suhu atau cuaca ekstrem seperti hujan yang sangat lebat.

Sebab, hujan yang sangat lebat dan terus-menerus bisa menyebabkan dahan tanaman patah atau rusak. Namun, tanaman tidak bisa langsung dipindahkan.  

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Hidup dengan Baik di Kamar Mandi

Melansir dari Apartment Therapy, Rabu (20/10/2021), tanaman yang dipindahkan secara tiba-tiba akan mengalami syok, layu, bahkan mati.

Karena itu, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat memindahkan tanaman ke dalam ruangan sebagai berikut ini.  

Baca juga: Simak, Cara Mengusir Semut pada Tanaman Secara Alami 

Meletakkan tanaman sembarangan

Sebelum meletakkan tanaman di dalam ruangan, tentukan di mana tanaman hias bisa tumbuh subur. Letakkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari cerah di jendela menghadap ke Selatan.

Namun, cobalah meletakkan tanaman hias secara bertahap selama beberapa hari atau minggu. Tanaman mungkin masih kehilangan daun sebagai respons terhadap cahaya yang berkurang, tetapi Anda dapat mencoba meminimalkan kehilangannya. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak dan Cepat 

Mengabaikan repotting

Periksa tanaman untuk melihat apakah ada yang tumbuh lebih besar dari potnya dan perlu direpoting.

Jika ya, pastikan memilih pot dengan lubang drainase dan tanah pot baru yang sesuai. Pangkas sedikit tanaman yang sudah berkaki panjang.  

Baca juga: Penyebab Daun Tanaman Menguning dan Cara Mencegahnya

Mengabaikan serangga dan penyakit

Sangat penting memeriksa hama dan masalah tanaman sebelum membawanya ke dalam ruangan. Rendam pot dalam bak berisi air hangat selama 15 menit untuk memaksa hama keluar mencari udara.

Tiriskan secara menyeluruh sebelum dibawa ke dalam ruangan. Jika ingin lebih yakin bahwa tanaman tidak membawa tamu tak diundang, Anda bisa mengkarantina tanaman di ruangan yang terpisah dari tanaman lain selama beberapa hari. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menyiram Tanaman Tomat di Dalam Pot? Ini Panduannya 

Gagal menyesuaikan air

Setelah tanaman ditransisikan di dalam ruangan, pastikan tidak terlalu banyak menyiramnya.  Untuk sebagian besar tanaman, cobalah menyentuh tanah tanaman terlebih dulu. Pastikan tanah tanaman mengering sebelum disiram.

Sesuaikan keadaan tanaman ketika dipindahkan ke dalam ruangan. Kurangnya sinar matahari di dalam ruangan juga dapat mempengaruhi jumlah kebutuhan air tanaman tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com