Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Keruh dan Berkabut

Kompas.com - 07/10/2021, 16:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela memiliki fungsi sebagai perantara untuk cahaya alami masuk ke rumah guna membantu ruangan terasa lebih cerah dan segar serta memberikan pemandangan indah di luar ruangan.

Namun, kaca jendela yang sudah lama rentan mengalami permukaan yang keruh dan berkabut sehingga merusak pemandangan sert membuat ruangan tampak buruk.  

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Jendela Rumah

Dilansir dari Home Guides SFgate, Kamis (7/10/2021), ada sejumlah penyebab kaca jendela berkeruh dan berkabut. 

Namun, penyebab utama adalah kondensasi. Jika kabut berasal dari kondensasi, ada beberapa hal yang menyebabkannya, salah satunya perbedaan suhu antara di dalam dan luar ruangan. 

Ketika suhu menguap, akan meninggalkan endapan, yang pada akhirnya membuat jendela menjadi berkabut.  

Baca juga: Kapan Daun Jendela Harus Diganti? Ini Tanda-tandanya

Cara membersihkan kaca jendela yang keruh atau berkabut

Ada beberapa metode untuk membersihkan jendela yang berawan atau berkabut sebelum mengganti jendela secara langsung.

The Craftsman Blog menjelaskan, campuran air dan sabun cuci piring akan membantu menghilangkan kotoran atau minyak pada permukaan kaca seperti halnya membersihkan piring. Hal ini ni dapat membantu menghilangkan residu putih pada jendela. 

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Pencahayaan Alami pada Kamar Mandi Tanpa Jendela

Bisa pula menggunakan larutan yang terdiri atas setengah air, setengah cuka, atau setengah alkohol gosok untuk menghilangkan penumpukan mineral yang tersisa dari uap air yang menguap.

Selain itu, dapat juga menggunakan pasta baking soda untuk membersihkan sisa kotoran yang membandel, terutama pada kaca luar.

Jika membutuhkan perbaikan goresan kaca, semir kaca cerium oxide juga dapat digunakan untuk menghilangkan lecet atau goresan kecil. 

Baca juga: Cara Efektif Membersihkan Kaca Jendela Keruh dan Buram

Untuk membersihkannya, pertama, jauhi handuk kertas, koran, atau produk kertas lainnya karena dapat meninggalkan serat yang akan terlihat saat jendela sudah bersih. 

Gunakan handuk mikrofiber dan pertimbangkan menggunakan alat pembersih karet untuk jendela yang lebih besar. Untuk jendela tinggi, Anda dapat menggunakan pel spons bersih untuk menggosok apa yang tidak dapat Anda jangkau. 

Baca juga: Rumah Tak Berjendela? Ini Cara Membuat Jendela Palsu dengan Cermin 

Tips membersihkan jendela agar lebih bersih dan berkilau

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan bagian luar dan dalam jendela dengan alat terpisah. Sebab, menggunakan alat yang sama akan mengumpulkan semua kotoran dari luar ke dalam dan sebaliknya.

Investasikan dalam dua set bahan pembersih atau pastikan membilasnya dengan sangat baik saat kembali membersihkan bagian dalam jendela.

Jika ada banyak penumpukan di permukaan, gunakan pisau cukur datar atau pengikis kaca untuk mengikis permukaan kaca serta menghilangkan kotoran yang membandel. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Melihat ke Jendela

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com