Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antigagal, Ini Cara Tepat Memilih Cat Putih untuk Ruangan

Kompas.com - 24/08/2021, 23:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding putih terlihat bagus di rumah gaya apa pun dan musim apa saja. Namun, memilih cat putih yang tepat sebenarnya jauh lebih sulit daripada yang terlihat.

Ternyata ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih cat putih seperti dekorasi rumah dan cahaya alami yang mengenai ruang. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Semangat Bekerja

"Meski semua orang kulit putih mungkin terlihat sama, mereka tidak sepenuhnya putih. Setiap warna cat putih memiliki nada berbeda," kata Sue Wadden, Direktur Pemasaran Warna untuk Sherwin-Williams kepada Hunker, Selasa (24/8/2021).  

Lantas, hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih cat putih?

Wadden membagikan kiat terbaiknya tentang cara memilih cat putih yang tepat untuk ruangan di rumah Anda. Simak di bawah ini. 

Baca juga: 8 Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan 

Perhatikan undertones 

Wadden mengatakan, cara menemukan warna putih terbaik untuk ruangan adalah mempertimbangkan apakah dekorasi Anda sebagian besar hangat atau sejuk, lalu sesuaikan dengan cat putih tersebut.

Pertimbangkan pencahayaan

Selain itu, Wadden menyarankan perlu memperhatikan cahaya alami yang didapat ruangan. Semakin sedikit cahaya alami, semakin banyak nada yang terlihat. Jadi, gunakan warna putih abadi untuk hasil akhir yang lebih nyata. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Dapat Memengaruhi Suasana Hati 

Ketahui perbedaan halusnya

Putih hangat atau warm whites memiliki nada merah dan kuning, sedangkan putih dingin atau cool whites memiliki nada biru dan abu-abu.

Selanjutnya, putih abadi atau timeless whites lebih murni, artinya memiliki lebih sedikit nada dan dibaca lebih sebagai putih 'sejati'.

Meski warna putih bagus karena sangat serbaguna, berbagai jenis warna putih paling cocok dengan gaya desain yang berbeda. 

Baca juga: Hindari, Ini 7 Warna Cat yang Dapat Menurunkan Suasana Hati

Warna putih abadi benar-benar serba putih karena memiliki sedikit nada, yang berarti dapat digunakan di mana saja dan dengan warna apa pun yang Anda suka.

Sementara itu, putih hangat paling cocok dengan gaya tradisional, yang cenderung menggunakan sentuhan akhir dan warna yang lebih hangat.

Putih dingin adalah pasangan sempurna untuk gaya modern, yang menggunakan sentuhan akhir berwarna lebih dingin seperti krom dan hitam. 

Baca juga: 6 Kombinasi Warna Cat untuk Dapur Kecil Tampak Luas dan Ceria 

Uji sebelum mengaplikasikan 

Sherwin-Williams memiliki aplikasi luar biasa bernama ColorSnap Visualizer, yang dapat Anda gunakan untuk melihat warna cat di dinding dan membuat palet warna secara virtual.

Namun, karena perbedaan cat putih sangat tipis, Wadden menyarankan membawa pulang serpihan cat putih untuk direkatkan pada dinding rumah. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Menghadirkan Ketenangan di Rumah

Kemudian, ketika Anda telah mempersempitnya menjadi beberapa pilihan, dapatkan sampel basah dan cat kotak besar untuk setiap warna.

Lihatlah pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk mengetahui bagaimana tampilannya dalam situasi pencahayaan yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com