Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2021, 20:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengeringkan pakaian menggunakan cara alami dengan memanfaatkan udara atau dijemur merupakan pilihan yang bagus karena dapat menghemat listrik.

Namun, berbeda dengan mengeringkan pakaian menggunakan mesin cuci, menjemur pakaian di udara memiliki masalah tersendiri. 

Baca juga: 4 Masalah yang Dihadapi Saat Mencuci Pakaian dan Cara Mengatasinya

Melansir dari Dreamy Home, Selasa (24/8/2021), salah satu keluhan yang paling umum dialami saat menjemur pakaian dengan memanfaatkan udara adalah timbulnya bau tidak sedap.

Namun, ketika mengetahui penyebabnya, masalah ini dapat diatasi. Nah, berikut ini penyebab pakaian berbau ketika dijemur di udara. 

Baca juga: 5 Tips Mencuci Pakaian Menjadi Lebih Baik dan Menyenangkan  

Pakaian masih kotor 

Penyebab cucian adalah kotoran yang masih menempel lantaran pakaian tidak dicuci dengan baik.  Mulai dari, penggunaan detergen yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, mesin cuci yang rusak, hingga cucian yang benar-benar kotor. 

Belum lagi, beberapa orang akan menumpuk pakaian kotornya selama berhari-hari. Hal tersebut membuat pakaian kotor yang dicuci menjadi tidak maksimal dalam pembersihannya.

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian Olahraga agar Tidak Rusak dan Awet 

Untuk mengatasinya, pisahkan pakaian yang sangat kotor dan langsung cuci sehingga tidak menimbulkan bau setelah pencucian selesai.

Cuaca terlalu lembap 

Kelembapan secara langsung mempengaruhi seberapa cepat dan seberapa baik pakaian akan kering. Ketika sedang cuaca dingin atau hujan, sulit untuk cucian cepat kering, yang akhirnya membuat bau apek dan lembap. 

Baca juga: Aturan Mencuci Pakaian Menggunakan Tanganl

Membiarkan pakaian di pengering terlalu lama 

Ini adalah penyebab pakaian berbau yang umum lainnya. Setelah siklus pengering selesai, beberapa orang lupa mengeluarkan cuciannya.

Akibatnya, menimbulkan bau tak sedap, yang sama dengan saat cuaca hujan. Di dalam mesin pengering, pakaian tdak memiliki cara mengeluarkan kelembapan yang dibutuhkan untuk mengeringkan.

Kelembapan di dalam mesin pengering juga mengendap di cucian dan menyebabkan bau apek pada pakaian ketika dijemur. 

Baca juga: Hindari, 10 Kesalahan Umum Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci

Mengeringkan cucian di dalam ruangan

Ada beberapa orang yang mengeringkan cucian di dalam ruangan dengan alasan tertentu, dari cuaca yang tidak memungkinkan untuk menjemur di luar ruangan hingga tidak memiliki tempat menjemur.

Hal ini akibatnya menimbulkan bau tak sedap pada cucian, terlebih ruangan tidak memiliki ventilasi yang memadai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com