Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membangun Tangga

Kompas.com - 11/08/2021, 13:31 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun tangga di rumah adalah pekerjaan besar karena butuh perencanaan matang dan aturan bangunan yang ketat sehingga harus memastikan semuanya sempurna untuk menghindari segala jenis bahaya. 

Namun, dari segi teknis, membangun tangga sebenarnya lebih mudah daripada membangun hal-hal lain di rumah. Anda hanya membutuhkan beberapa keterampilan pertukangan dasar dan kesabaran untuk mengerjakan detail-detail kecil. 

Baca juga: Berapa Jarak Antar Anak Tangga yang Ideal? Berikut Penjelasannya

Setiap pemilik rumah tentu menginginkan tangga memiliki ketinggian yang seragam. Pasalnya, perbedaan terkecil di antara anak tangga dapat menimbulkan bahaya tersandung.

Tak hanya itu, anak tangga harus memiliki ketinggian yang tepat atau ideal untuk memudahkan melangkah atau pendakian antara anak tangga yang satu dengan yang lain. 

Selain hal-hal di atas, ada hal penting lainnya yang perlu diketahui saat membangun tangga. Berikut ini empat hal yang perlu diketahui sebelum membangun tangga dilansir dari Today's Homeowner, Rabu (11/8/2021).  

Baca juga: 8 Ide Apik untuk Merapikan Area Tangga di Rumah yang Bertingkat

Ketahui komponen dan pengukurannya

Tangga terdiri atas tiga komponen utama, yakni stringer, treads, dan riser. Stringer adalah papan miring yang menopang segala sesuatu yang lain, termasuk berat orang yang menginjak tangga.

Treads atau tapak adalah bagian atas setiap langkah dan riser adalah anak tangga yang dipasang di bawah bibir setiap tapak, yang melindungi senar.

Sebelum mulai membuat semua itu, Anda harus benar-benar mempelajari komponen-komponen ini dan pengukuran umum. 

Baca juga: Produk Rumah Tangga yang Jangan Dibeli dalam Jumlah Banyak

Salah satu alat yang ampuh membantu mengukur komponen adalah PhotoModeler. Ini dapat membantu proyek yang lebih maju seperti lift tangga atau pemasangan pegangan tangga yang rumit.

Menggunakan PhotoModeler, Anda mengambil gambar area yang ada dari semua sudut. Gambar-gambar ini kemudian diunduh ke dalam program untuk membuat model 3D yang dapat diukur dan diuji. 

Baca juga: 8 Ide Kreatif untuk Maksimalkan Ruang di Bawah Tangga

 

Perhatikan setiap elemen 

Memasang tangga di luar ruangan memiliki masalah ekstra karena membutuhkan elemen alami yang tepat. Misalnya, kayu. Namun, material ini tidak selalu tahan, tergantung pada iklim tempat tinggal Anda.

Selain itu, tangga dicat dan menyegel tangga untuk melindungi dari keausan. Untuk menambahkan elemen keamanan lainnya, gunakan cat antiselip atau aplikasikan bantalan antiselip. 

Baca juga: 6 Cara Kreatif Memanfaatkan Ruangan di Bawah Tangga

Ketahui kodenya

Salah satu alasan mengapa membangun tangga begitu rumit adalah harus mematuhi aturan bangunan yang ketat. Aturan ini dapat bervariasi pada setiap lokasi,

Namun, persyaratan di bawah ini setidaknya bisa menjadi rujukan atau batasan paling umum yang digunakan di banyak negara. 

  • Lebar

Lebar tangga (atau jarak sisi ke sisi) setidaknya harus 36 inci atau sekitar 96 sentimeter. Ini tidak termasuk pegangan tangan, yang menurunkan jarak. Lebar tangga yang sempit dianggap berbahaya. 

Baca juga: Yakin Beberapa Barang Rumah Tangga Ini Sudah Kamu Bersihkan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com