Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mendekorasi Ruang Tamu dengan Anggaran Minim

Kompas.com - 21/07/2021, 20:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu adalah salah satu ruang yang paling sering digunakan di rumah sehingga perlu ditata semanarik mungkin.

Menciptakan ruang tamu yang indah dan layak huni bisa tampak seperti proyek besar, tetapi tidak harus menghabiskan banyak biaya. 

Baca juga: Catat, 4 Perbedaan Penting Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Melansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (21/7/2021), jika ingim mendekorasi dengan anggaran terbatas, triknya adalah menemukan ide dekorasi ruang tamu dan furnitur murah yang tetap bergaya.

Beberapa penyesuaian dalam skema warna, aksesori dekoratif, atau tata letak furnitur dapat membuat perbedaan besar tanpa menguras anggaran. Berikut beberapa ide mendekorasi ruang tamu tanpa menghabiskan banyak biaya. 

Baca juga: 5 Gaya Perawatan Jendela yang Dapat Mempercantik Ruang Tamu 

Gunakan elemen alami sebagai dekorasi

Tanaman menambahkan elemen alami ke ruangan. Anda dapat menemukan varietas tanaman perawatan rendah dengan harga cukup terjangkau.

Carilah bentuk daun yang menarik atau dedaunan berwarna-warni untuk membawa sedikit kehidupan ekstra ke ruang tamu. Coba meletakkan tanaman pot di meja kopi sebagai hiasan utama atau isi sudut kosong dengan tanaman gantung. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Disingkirkan dari Ruang Tamu Menurut Ahli

Jika ruang tamu kekurangan cahaya alami atau tidak yakin dengan kemampuan merawat tanaman, pilihlah tanaman palsu yang tampak realistis.

Rumput alami atau batang kering juga bisa menjadi ide ruang tamu minim anggaran. Kumpulkan beberapa dari halaman belakang rumah untuk atau membeli varietas palsu di toko kerajinan, lalu letakkan di vas untuk membuat pengaturan alami yang sederhana. 

Baca juga: 7 Kesalahan Dekorasi Ruang Tamu yang Sering Terjadi dan Solusinya 

Atur ulang furnitur

Untuk memberi kesegaran pada ruang tamu dengan harga terjangkau, dekorasi dengam item yang dimiliki.

Selain itu, bersihkan ruangan dari barang-barang yang seharusnya tidak diletakkan di ruang tamu, bersihkan kekacauan, dan pikirkan kembali pengaturan furnitur untuk merombak ruang tamu tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Atur kursi dan sofa ke dalam kelompok yang kondusif untuk percakapan. 

Baca juga: 6 Trik Mendekorasi Ruang Tamu Minim Cahaya

Aplikasikan cat 

Lapisan cat baru benar-benar dapat mengubah ruangan. Cat menawarkan ide ruang tamu ramah anggaran yang dapat dengan mudah diterapkan. Pilih warna dinding yang sesuai dengan suasana hati untuk semakin menambah kenyamana. 

Personalisasi dekorasi ruang tamu

Memasukkan barang-barang yang mencerminkan perjalanan, hobi, dan kenangan berharga Anda dapat membuat ruang tamu terasa istimewa.

Tampilkan potret leluhur, bagan silsilah berbingkai, peta yang mewakili tempat favorit Anda, serta kolase foto yang menampilkan keluarga dan teman. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Tamu Tanpa Sofa  

Buat seni ruang tamu DIY

Cat seni kanvas DIY sendiri dapat menjadi ide menekorasi ruang tamu yang terjangkau. Beli kanvas kosong yang bisa Anda lukis dan tempatkan dengan jelas di atas rak atau sofa.

Gumakan warna cat favorit Anda, sapukan berbagai bentuk geometris yang keren atau cukup cipratkan warna secara acak untuk komposisi kontemporer. 

Baca juga: 5 Tips Dekor Ruang Tamu Kecil agar Terlihat Lebih Luas dan Nyaman

Jika lebih suka seni yang kurang abstrak, gunakan kanvas sebagai dasar untuk gambar yang dilukis, motif stensil, atau kolase yang dibuat dari sisa-sisa kerajinan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com