Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gaya Perawatan Jendela yang Dapat Mempercantik Ruang Tamu

Kompas.com - 19/07/2021, 18:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan jendela rupanya turut membantu memberikan suasana dan tampilan pada ruang tamu terlihat lebih cantik serta menarik.

Misalnya, nuansa riuh dan bermotif berani menandakan bahwa ruang tamu juga digunakan sebagai ruang keluarga.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Disingkirkan dari Ruang Tamu Menurut Ahli

Begitu pun tirai atau gorden yang disesuaikan dengan hiasan elegan dapat menciptakan ruang tamu terlihat megah atau mewah.

Bila berniat menciptakan suasana dan tampilan ruang tamu yang cantik dan mewah, berikut ini beberapa gaya perawatan jendela yang perlu dipertimbangkan seperti dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin, (19/7/2021). 

Baca juga: 5 Pilihan Model Jendela Dapur Terbaik

Bermain arsitektur

Arsitektur yang bagus di ruang tamu tentu dapat meningkatkan tampilan menjadi lebih cantik dan menarik. 

Bila ruang tamu telah memakai arsitektur yang mumpuni seperti plafon berkubah atau tinggi, hiasan kayu, atau bentuk jendela yang menarik, saatnya menambahkan kesan mewah itu dengan menggunakan tirai yang dapat menarik perhatian pada fitur-fitur ini.

Pilih tirai dengan tampilan elegan, bercorak tenun, atau material tipis, lalu pasang tinggi untuk menarik perhatian ke ketinggian ruangan dan mengarahkan mata ke jendela atas. 

Baca juga: 5 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit Tanpa Jendela agar Tampak Luas

Buat palet warna

Kain yang dipilih untuk perawatan jendela membantu membentuk palet warna untuk seluruh ruangan. Dalam hal ini, panel jendela adalah aqua solid, tetapi kain bermotif bisa juga berpengaruh.

Bayangan berair berkoordinasi baik dengan karpet dan dinding berwarna abu-abu sehingga memberikan latar belakang warna-warni yang cukup lembut untuk menonjolkan aksen cerah. 

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Memasang Kaca Film di Jendela Rumah

Memainkan peran pendukung

Anda mungkin ingin perawatan jendela menjadi pemain pasif dalam skema ruangan. Dengan memilih perawatan jendela yang netral, halus, dan bebas pola, dapat memastikan jendela menjadi latar belakang yang tenang dan pendukung yang baik. 

Tambahkan fungsi

Ruang tamu yang benar-benar hidup harus memiliki fungsi dan kesederhanaan. Sebetulnya, perawatan jendela pada ruang tamu bukan sesuatu yang sulit. 

Ruang tamu bergaya Romawi, misalnya, mendapatkan privasi dan kontrol cahaya saat dibutuhkan. Ruang tamu dengan desain tersebut dibangun dengan lipatan lembut, bukan lipatan tajam, sehingga tampilan keseluruhan ruangan tidak cukup sempurna untuk kehidupan sehari-hari. 

Baca juga: 5 Trik Mendekorasi Ruang Tamu yang Minim Jendela agar Tampak Terang

Memformalkan ruang

Sesuai dengan namanya, ruang tamu digunakan untuk menyambut tamu dan acara-acara khusus. Untuk itu, ruang ini membutuhkan perawatan jendela dengan keanggunan dan kecanggihan.

Anda bisa menggunakan tirai dari material sutra dan detail crown molding atau hiasan dinding plafon dengan tampilan yang mewah. Hal ini tentu secara langsung dapat mempercantik suasana serta tampilan ruang tamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com