Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Rumah Saat Isolasi Mandiri Covid-19

Kompas.com - 15/07/2021, 08:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kasus baru virus corona (Covid-19) di Indonesia masih sangat tinggi. Bahkan, kasus baru Covid-19 yang terkonfirmasi pada Rabu (14/7/2021) mencapai rekor tertinggi sepanjang pandemi, yakni 54.517 kasus.

Dengan banyaknya kasus baru Covid-19, orang-orang yang terkonfirmasi virus tersebut tanpa gejala atau dengan gejala ringan melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Artinya, kebersihan rumah selama masa isolasi mandiri harus sangat diperhatikan.

Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Kamis (15/7/2021), berikut ini cara membersihkan rumah saat isolasi mandiri.

Baca juga: Cara Membersihkan Kamar Tidur Setelah Isolasi Mandiri Covid-19

Pertama, jika ada anggota keluarga di rumah yang tidak tertular virus corona, maka sediakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah untuk orang yang sakit dan orang yang sehat. Jangan lupa selalu membersihkan dan mendisinfeksi kedua ruangan tersebut.

Selalu sediakan perlengkapan pembersihan dan disinfektan khusus untuk orang yang sakit. Persediaan termasuk tisu, produk pembersih lantai, sabun cuci tangan, masker, dan hand sanitizer harus selalu terjamin.

Ilustrasi disinfektan dan jenisnyashutterstock Ilustrasi disinfektan dan jenisnya

Di ruang bersama, orang yang sakit harus membersihkan dan mendisinfeksi permukaan dan barang-barang setelah digunakan.

Adapun jika orang yang sakit tidak bisa membersihkan dan mendisinfeksi sendiri, maka orang yang membersihkan harus mengenakan masker dan minta orang sakit untuk memakai masker sebelum memasuki ruangan.

Baca juga: Cara Membersihkan Permukaan Benda dengan Tisu Basah Disinfektan

Kenakan sarung tangan jika diperlukan saat menggunakan produk pembersih dan desinfektan. Hanya bersihkan dan disinfeksi area di sekitar orang yang sakit bila diperlukan (bila area tersebut kotor) untuk membatasi kontak Anda dengan orang yang sakit.

Buka pintu dan jendela luar, serta gunakan kipas dan setelan pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC) untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com