Kompas.com - 19/06/2021, 08:20 WIB
Ilustrasi karantina virus corona dilakukan setelah diduga terpapar atau terinfeksi virus corona. CDC memperbarui pedoman terkait penerapan karantina. SHUTTERSTOCK/Sergey BezgodovIlustrasi karantina virus corona dilakukan setelah diduga terpapar atau terinfeksi virus corona. CDC memperbarui pedoman terkait penerapan karantina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kasus baru virus corona (Covid-19) di Indonesia terus bertambah. Oleh sebab itu, Anda dan anggota keluarga harus tetap waspada dengan meminimalkan aktivitas di luar rumah, menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga kebersihan diri dan rumah.

Namun demikian, apabila Anda atau anggota keluarga terpapar virus corona dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah, maka ada beberapa protokol kesehatan pula yang harus dilakukan. Salah satunya adalah orang positif Covid-19 harus berada di kamar yang terpisah dari anggota keluarga yang sehat.

Membersihkan kamar tidur yang digunakan sebagai area isolasi mandiri pun harus cermat. Gunakan produk disinfektan dan lakukan pembersihan secara rutin.

Baca juga: 5 Langkah Mudah dan Cepat Membersihkan Kamar Tidur yang Berantakan

Nah, apabila Anda atau orang positif Covid-19 di rumah sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, maka membersihkan kamar tidur juga harus tetap dilakukan dengan menerapkan protokol dan standar kesehatan.

Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Sabtu (19/6/2021), berikut ini cara membersihkan kamar bekas penderita Covid-19 di rumah.

1. Kurang dari 24 jam setelah dinyatakan negatif Covid-19

Langkah pertama adalah Anda harus menunggu setidaknya beberapa jam sebelum membersihkan dan mendisinfeksi kamar tidur. Jangan lupa, pakai masker dan sarung tangan saat membersihkan kamar tidur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, buka jendela kamar tidur untuk memastikan sinar matahari masuk dan sirkulasi udara terjadi dengan baik. Anda juga bisa menyalakan kipas angin untuk membantu meningkatkan aliran udara.

Baca juga: Tips Membersihkan Kamar Mandi agar Bebas Kotoran, Kerak dan Jamur

Gunakan produk disinfektan dengan aman dan cermat, baca petunjuk pada kemasan. Bersihkan dan disinfeksi semua permukaan di area kamar tidur atau kamar mandi yang digunakan untuk isolasi mandiri.

2. Antara 24 jam hingga 3 hari setelah dinyatakan negatif Covid-19

Bersihkan kembali permukaan yang sebelumnya telah dibersihkan. Permukaan yang dimaksud adalah area yang digunakan untuk dan selama isolasi mandiri, yakni kamar tidur dan kamar mandi. Tidak perlu menggunakan produk disinfektan.

3. Setelah 3 hari dinyatakan negatif Covid-19

Cukup lakukan pembersihan rutin seperti biasa, tidak diperlukan pembersihan tambahan untuk kamar tidur dan kamar mandi yang digunakan untuk isolasi mandiri.

4. Membersihkan permukaan yang lembut

Jangan lupa membersihkan permukaan yang lembut di kamar, seperti karpet, gorden, dan sofa jika ada. Bersihkan permukaan yang lembut ini dengan sabun dan air atau dengan pembersih yang dibuat khusus untuk digunakan pada permukaan tersebut.

Halaman:


Sumber CDC
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X