Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 4 Cara Mencegah Karat pada Furnitur Luar Ruangan

Kompas.com - 09/06/2021, 12:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber home guide

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan furnitur di dalam ruangan, furnitur luar ruangan dikhususkan menggunakan bahan logam.

Hal ini lantaran furnitur luar ruangan lebih mudah terpapar sinar matahari, hujan, dan suhu yang tidak menentu. 

Baca juga: Tips Membeli Furnitur Bekas untuk Kamu yang Miliki Dana Terbatas

Namun, dilansir dari Home Guides, Rabu (9/6/2021), meski memiliki daya tahan yang lebih kuat, furnitur luar ruangan dapat mengalami korosi yang menyebabkan furnitur berkarat.

Korosi terjadi karena proses oksidasi atau disebut juga dengan reaksi elektrokimia. Korosi disebabkan berbagai faktor, di antaranya suhu, kelembapan, serta salinitas cairan dengan logam dan kualitas furnitur itu sendiri. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Furnitur Rotan

Akibatnya, menimbulkan karat pada permukaan furnitur seperti perubahan tekstur serta warna yang kecokelatan. Karena itu, penting mencegah munculnya karat pada furnitur luar ruangan. 

Nah, berikut ini empat cara mencegah karat pada furnitur luar ruangan. 

Baca juga: Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Furnitur

Tempat teduhan

Hujan merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan furnitur berbahan logam yang ada di luar ruangan menjadi berkarat.

Melindungi furnitur dari paparan hujan secara langsung merupakan solusi terbaik mencegah karat. Anda dapat menggunakan atap di halaman belakang rumah seperti gazebo atau dek tertutup. 

Baca juga: 8 Furnitur Penting yang Harus Dimiliki di Rumah Baru

Cara lain, menyimpan furnitur logam di dalam garasi, ruang bawah tanah, atau teras ketika hujan. 

Berikan perlindungan

Jika tidak dapat memindahkan furnitur logam ke dalam ruangan selama musim hujan, Anda harus melindungi setiap bagian furnitur dengan penutup tahan hujan.

Ukur setiap perabot untuk mendapat ukuran penutup yang tepat. Banyak penutup furnitur luar ruang yang dirancang agar sesuai dengan ukuran kursi atau meja

Baca juga: Furnitur Kayu Pudar? Gunakan Cat Susu untuk Membuatnya Tampak Baru

Anda juga dapat menutupi furnitur dengan terpal vinil atau kanvas dan mengamankannya dengan tali. Kemudian, tempatkan batu besar atau batu bata di bagian bawah penutup agar tidak terbuka atau terbang ketika terjadi angin. 

Singkirkan kotoran

Beberapa furnitur logam di luar ruangan dilapisi dengan lapisan pelindung tahan karat seperti cat yang menutupi potongan besi tempa atau lapisan tepung pada furnitur aluminium. 

Baca juga: Cegah Kerusakan, Ini Cara untuk Hentikan Kucing Menggaruk Furnitur

Jika furnitur tidak dibersihkan secara teratur, akan terjadi akumulasi kotoran yang dapat menggerogoti lapisan akhir dan menyebabkan kelembapan pada furnitur.

Gunakan spons yang dibasahi dengan detergen ringan dan air untuk membersihkan furnitur Namun, hindari sabun abrasif yang dapat menggores furnitur dan merusak lapisan akhir. 

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Furnitur Kayu di Rumah

Gunakan lapisan pelindung 

Anda dapat membersihkan noda karat pada furnitur logam di luar ruangan dengan cat tahan karat.

Selain itu, bisa pula menyemprotkan lapisan cat baru dengan lapisan tahan karat pada permukaan furnitur untuk memberikan warna baru serta lapisan perlindungan tambahan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com