Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memesan Furnitur Custom

Kompas.com - 03/05/2021, 09:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur selalu menjadi bagian penting di dalam rumah. Untuk itu, furnitur harus dipilih dengan baik sehingga tidak terjadi kesalahan yang membuat ruangan semakin sempit atau fungsinya tidak maksimal karena salah ukuran.

Sebenarnya ada solusi mencegah kesalahan saat membeli furnitur, yakni memesan furnitur customize. Kelebihan furnitur custom dapat menyesuaikan ukuran sehingga tidak akan salah ukuran. 

Baca juga: Cara Membersihkan Furnitur Kayu agar Tampak Selalu Baru

Selain itu, Anda dapat memesan bentuk furnitur sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, ketika memerlukan tempat tidur dengan storage banyak, sistem furnitur custom ini merupakan pilihan yang paling baik.

Dilansir dari The Spruce, Senin (3/5/21), berbagai keinginan dari warna, desain, jenis material, hingga ukuran, bisa didapatkan sesuai keinginan ketika memilih furnitur custom. Selain itu, furnitur custom akan memiliki lebih sedikit kekurangan dan kesalahan desain karena dibuat sesuai dengan kebutuhan dan lebih detai. 

Baca juga: Hal yang Harus Dilakukan Saat Memperbarui Tampilan Furnitur Kayu Lama

Namun, tak berarti memesan furnitur custom terhindar dari kesalahan. Berikut ini kesalahan yang sering dilakukan beberapa orang saat memesan furnitur custom

Bermain Aman 

Memesan furnitur custom mengartikan jika Anda memiliki furnitur yang berbeda daripada yang ada di pasaran. Untuk itu, hindari bermain aman dengan memesan furnitur sama seperti yang ada di toko. 

Baca juga: Punya Furnitur Kulit? Begini Cara Merawatnya agar Tahan Lama

Eksplor dan pikirkan apa yang sedang Anda butuhkan dalam furnitur tersebut, apakah laci yang banyak atau gaya yang unik. 

Tidak Mengukur dengan Benar Sebelum Memesan 

Keuntungan dari memesan furnitur custom adalah dapat menyesuaikannya dengan gaya hidup dengan sempurna. Misalnya, saat membeli sofa khusus, Anda harus memastikan ukurannya sesuai dengan ruangan Anda. 

Baca juga: Tips Memilih Furnitur Kayu yang Berkualitas

Baik Anda mencari furnitur untuk ruangan kecil dengan dimensi khusus atau mencari furnitur lebih besar yang dapat menampung banyak orang. 

Tidak Meminta Sampel Kain Sebelumnya 

Sebelum memesan furnitur custom, Anda harus selalu memesan sampel kain atau material yang dipesan. Pastikan selalu melihat dan menyentuh sampel kain secara langsung.

Dengan cara ini, Anda bisa mempertimbangkan warna yang cocok di dalam ruangan dan pastinya sesuai dengan kebutuhan.  

Baca juga: Baru Pindah Rumah? Ini Cara Menyesuaikan Furnitur dan Barang Lama

Lupa Mengukur Jalan Masuk dan Lorong Rumah 

Kesalahan yang paling sering dilakukan selanjutnya adalah lupa mengukur jalan masuk dan lorong rumah. Hal ini akan membuat furnitur erukuran besar sulit memasuki ruangan. Untuk itu, mengukur terlebih dahulu jalan masuk dan lorong yang akan dimasuki furnitur. 

Tidak Mempertimbangkan Karpet 

Dalam hal mendesain sebuah ruangan, karpet sering kali merupakan titik awal yang baik. Jika memesan furnitur terlalu besar, tapi karpet di ruangan berukuran kecil, akan membuat ruangan terlihat sempit. 

Baca juga: Ingin Memilih Furnitur Luar Ruangan? Perhatikan Hal Ini

Jadi, sesuaikan dengan karpet jika ingin memiliki furnitur yang lebih besar daripada sebelumnya. Sebab, untuk membuat ruangan terasa besar, setidaknya dua kaki furnitur bagian depan harus di atas karpet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com