Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Merapikan Pakaian Kusut dan Lecek Tanpa Setrika

Kompas.com - 04/06/2021, 12:49 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk urusan merapikan pakaian kusut serta lecek, umumnya orang akan menyetrikanya menggunakan setrika.

Hanya saja, ada kondisi tak terduga yang membuatmu tidak bisa menyetrika pakaian seperti setrika yang tiba-tiba rusak. 

Baca juga: Hindari, 5 Kesalahan dalam Menggunakan Setrika

Untungnya, urusan menyetrika pakaian kusut dan lecek bisa dilakukan tanpa memakai setrika meski caranya agak merepotkan.

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (4/6/2021), berikut ini cara merapikan pakaian kusut dan lecek tanpa menggunakan setrika saat keadaan mendesak. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Tapak Setrika Uap yang Kotor

Gosok dengan botol air panas

Mengingat tapak setrika menghasilkan panas untuk menyingkirkan kusut dan lecek pada pakaian, cara yang demikian bisa kamu tiru dengan memakai botol kaca berisi air panas.

Untuk melakukannya, rebus air panas hingga mendidih dan masukkan ke botol kaca bekas sirup atau sebagainya yang telah dibersihkan. 

Baca juga: Bukan Setrika, Steamer Lebih Baik Digunakan untuk Merapikan Pakaian

Gunakan sarung tangan kain saat memegang botol agar tangan tidak terkena panas dari botol. Setelah itu, gosokkan botol ke pakaian yang kusut dan lecek sampai licin sempurna. Gosokkan botol air panas layaknya kamu memakai setrika.

Jika botol sudah tidak panas, rebus kembali air di dalamnya dan lakukan lagi penggosokan pakaian yang kusut dan lecek hingga selesai. 

Baca juga: Kelebihan Setrika Uap dalam Menyetrika Pakaian

Gunakan pengering rambut

Pengering rambut bisa menjadi alternatif setrika lainnya untuk melicinkan pakaian kusut dan lecek saat kondisi mendesak.

Untuk memanfaatkannya, kamu hanya perlu menggantung pakaian kusut dan lecek serta hadapkan pengering rambut ke pakaian dengan jarak sekitar tiga sampai lima sentimeter. 

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Setrika Uap Lebih Baik Daripada Setrika Biasa

Selanjutnya, nyalakan pengering rambut untuk memaparkan udara panas ke pakaian hingga kusutnya menghilang. 

Gunakan catokan rambut

Selain berfungsi meluruskan rambut, catokan rambut juga bisa digunakan untuk menyetrika pakaian kusut saat kondisi mendesak. 

Baca juga: Tips Membersihkan Noda pada Setrika

Caranya, hampir sama dengan mencatok rambut. Tunggu catokan rambut sampai panas, lalu gosok secara perlahan pada pakaian kusut sampai licin dan rapi.

Namun, Anda perlu hati-hati melakukannya. Jangan sampai catokan rambut membuat pakaian menjadi gosong atau terbakar. 

Baca juga: Catat, Ini Panduan Membersihkan Setrika Uap

Manfaatkan uap dari ketel 

Kamu bisa memanfaatkan uap panas yang dihasilkan dari ketel atau teko yang memasak air panas. Dekatkan pakaian kusut dan lecek pada bagian ujung ketel yang mengeluarkan uap air.

Diamkan pakaian agar terpapar uap selama beberapa menit sampai kusut dan leceknya perlahan-lahan menghilang. Cara ini cukup efektif merapikan pakaian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com