Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Kurang Cahaya Matahari? Begini Cara Memaksimalkannya

Kompas.com - 13/05/2021, 07:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Cahaya alami dari paparan sinar matahari sangat dibutuhkan di dalam ruangan. Selain menjadi pencahayaan alami, rumah yang memiliki paparan sinar matahari lebih sehat dan dapat meningkatkan kadar serotonin yang berfungsi menjaga suasana hati agar tetap bahagia.

Namun, tidak semua rumah dibangun dengan mempertimbangkan cahaya alami. Dilansir dari The Spruce, Kamis (13/5/2021), ada beberapa cara yang dapat meningkatkan paparan sinar matahari masuk ke rumah atau ruangan tanpa harus merenovasinya. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda ikuti. 

Baca juga: Panduan Memilih Pencahayaan di Setiap Ruang di Rumah

Gunakan Cat Berwarna Lebih Terang

Mengecat dinding dan langit-langit dengan warna putih atau warna terang lainnya adalah cara mudah menambahkan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan. Warna putih merupakan skema warna paling terang.

Namun, jika tidak menyukai menggunakan warna putih seluruhnya, Anda bisa mengombinasikan dengan warna lain. 

Baca juga: Tips Memilih Pencahayaan untuk Setiap Ruangan di Rumah

Selain itu, warna putih yang diaplikasikan di plafon juga dianggap mampu memberikan paparan cahaya di dalam ruangan. Namun, hal yang harus diketahui adalah pemilihan warna putih datar lebih dianjurkan daripada kilau mengkilap.

Sebab, lapisan matte dapat mengurangi silau dan langit-langit tidak memerlukan cat glossier yang mudah dibersihkan karena tidak banyak tersentuh seperti dinding dan trim. 

Baca juga: Pentingnya Pencahayaan Saat Meletakkan Tanaman Hias di Rumah

Cat Dinding dengan Cat Gloss yang Lebih Tinggi 

Semakin tinggi tingkat kilapnya, semakin besar pantulan cahaya. Begitu pun semakin banyak cahaya yang akan memantul dari permukaan dinding yang dicat dengan cat kilap tinggi daripada cat kilap matte.

Dengan kata lain, menggunakan cat glossier untuk dinding dapat memberikan efek seperti cermin. Seperti diketahui, cermin dapat memantulkan cahaya. 

Baca juga: Kesalahan Memilih dan Meletakkan Pencahayaan di Kamar Tidur

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus menggunakan cat yang sangat mengkilap. Jika menyukai kilau kulit telur, coba cat dengan hasil akhir semi-gloss.

Jika memiliki ruangan yang sangat gelap, harus mempertimbangkan cat glossy untuk dinding meski biasanya tidak digunakan di dinding. 

Baca juga: Pilihan Warna Abu-abu untuk Ruangan Berdasarkan Arah Cahaya

Gunakan Skylight 

Skylight adalah cara yang sangat efektif untuk menarik cahaya alami atau cahaya matahari. Skylight menghadirkan cahaya yang lebih konsisten daripada kebanyakan jendela. 

Sebab, skylight cenderung tidak dibayangi oleh objek luar ruangan dan sinar matahari yang dipantulkan dari awan langsung masuk ke rumah. 

Baca juga: Pahami, Kebutuhan Cahaya Matahari untuk Tanaman di Dalam Rumah

Aplikasikan Backsplash 

Untuk memantulkan cahaya alami yang sedikit masuk ke dalam rumah, Anda dapat mengaplikasikan backsplash di dapur. Dalam cahaya yang tepat, backsplash bisa memantulkan hampir 100 persen cahaya yang mengena.

Namun, jika tidak ada cahaya matahari yang masuk, nyalakan cahaya buatan lebih banyak untuk pantulan yang maksimum. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com