Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2021, 12:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan jamur di rumah dapat menjadi sebuah ancaman. Pasalnya, organisme satu ini dapat merusak semua permukaan yang dihinggapinya, termasuk karpet.

Jamur sangat mudah merusak karpet karena seratnya yang menggerogoti dan sulit dihilangkan. Tak hanya itu, jamur juga bisa menghasilkan bau apak dan mengganggu kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki alergi, asma, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Karpet Terbaik untuk Area yang Sering Dilalui di Rumah

Karena itu, penting untuk segera menghilangkan masalah jamur di karpet. Nah, berikut ini adalah panduan langkah demi langkah atau cara menghilangkan jamur dari karpet dilansir dari Cleanipedia UK, Sabtu (8/5/2021). 

Kenakan Perlengkapan Pelindung Tubuh

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum memulai membersihkan karpet adalah memastikan menggunakan perlengkapan pelindung tubuh seperti pakaian pelindung, kacamata, dan masker wajah. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Karpet Kamar Mandi

Pasalnya, ketika mencoba menghilangkan jamur, secara langsung dapat menyebarkan jamur atau spora. Hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan apabila Anda menghirupnya.

Tutup Pintu dan Jendela

Bila karpet bisa dilepas, bawa dan bersihkan di luar rumah. Pastikan menutup pintu dan jendela ketika membersihkan karpet untuk mencegah jamur memasuki bagian rumah lainnya. 

Baca juga: Catat, Cara Menghilangkan Jamur di Mesin Cuci

Keringkan Karpet

Karpet yang terkena jamur dapat disebabkan oleh kondisi yang sering lembap dan kerap diinjak atau dilewati penghuni rumah. Untuk membersihkan, Anda harus mengerikan terlebih dulu bagian karpet yang lembap.

Keringkan karpet menggunakan kipas angin, fungsi tiup pada penyedot debu, atau menjemurnya di bawah sinar matahari yang cerah dan biarkan mengering sendiri selama 48 jam. 

Baca juga: Cara Mencegah Jamur Muncul Pada Lemari Pakaian

Sikat Karpet

Setelah itu, ambil sikat kaku dan bersihkan kotoran jamur pada karpet, baik di bagian depan maupun belakang karpet. Sikat hingga bersih, lalu vakum atau bersihkan semua area menggunakan uap. 

Menyemprotkan Produk Antijamur

Cara menghilangkan jamur di karpet selanjutnya adalah menyemprotkan produk antijamur pada karpet. Semprotkan produk antijamur ke semua permukaan karpet, baik bagian dalam maupun luar, dan pastikan semprotan jamur meresap ke serat karpet. 

Baca juga: Cara Merawat Karpet agar Awet

Sikat kedua bagian karpet serta biarkan mengering. Kebanyakan semprotan antijamur tidak boleh dibilas. Namun, pastikan petunjuk yang terdapat dalam kemasan.

Bersihkan Lantai

Selain di karpet, jamur juga bisa hidup di permukaan lantai yang keras. Biasanya, jamur berkembang biak di lantai yang lembap dan kotor seperti lantai di bawah karpet. 

Baca juga: Karpet Dikencingi Anjing atau Kucing? Begini Cara Membersihkannya

Untuk itu, bersihkan area atau lantai di bawah karpet dengan larutan antijamur. Pel hingga bersih serta biarkan mengering. Setelah itu, semprotkan produk antijamur ke lantai dan biarkan hingga mengering.

Nyalakan Dehumidifier

Langkah terakhir membasmi jamur di karpet adalah menyalakan dehumidifier di dalam ruangan selama beberapa hari untuk menghilangkan spora yang tersisa. Dehumidifier berfungsi mengurangi kelembapan di dalam ruangan. 

Baca juga: Trik Membersihkan Jamur pada Kaca Jendela

Jangan lupa pula mencuci semua peralatan yang digunakan sebagai wadah larutan antijamur demi mencegah jamur keluar ke area lain di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com