Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Karpet Kamar Mandi

Kompas.com - 03/05/2021, 18:56 WIB
Lolita Valda Claudia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilihan karpet kamar mandi yang tepat dapat membuat ruangan terlihat lebih cantik dan estetik. Namun, memilih karpet kamar mandi tak sesederhana yang dibayangkan.

Kamu harus memperhatikan aspek-aspek penting yang ada di dalam kamar mandi agar karpet yang dipilih bisa berfungsi maksimal.

Misalnya, perhatikan desain kamar mandi, apakah termasuk dalam kategori kamar mandi basah atau kering? Jika kamar mandi basah, kamu bisa memilih jenis karpet sintetis atau tahan air.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau pada Karpet Baru

Sebaliknya, jika kamar mandi kering maka karpet berbahan kain akan sangat nyaman digunakan.

Selain itu, melansir dari Visual Hunt, Senin (3/5/2021), masih ada lima hal penting lainnya yang perlu diketahui sebelum memilih karpet kamar mandi.

1. Warna karpet kamar mandi

Pastikan memilih warna karpet kamar mandi yang sesuai dan senada dengan suasana ruangan. Contohnya, jika kamu ingin menghadirkan suasana kamar mandi layaknya sedang berada di tempat spa, maka pilihlah warna-warna alami yang menenangkan seperti cokelat, beige, dan pale green.

Biru juga bisa digunakan untuk merepresentasikan warna lautan. Di sisi lain, sesuaikan juga warna karpet tersebut dengan furniture lainnya seperti gorden, handuk, atau perabotan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Memiliki Karpet di Rumah

2. Material terbaik untuk karpet kamar mandi

Ilustrasi karpet kamar mandiunsplash.com Ilustrasi karpet kamar mandi

Saat memilih keset kamar mandi, fungsionalitas adalah kuncinya. Berikut ini beberapa material karpet kamar mandi yang bisa dipilih berdasarkan fungsinya.

  • Bahan katun

Jika tujuanmu menggunakan karpet kamar mandi agar tidak tergelincir atau terpeleset, maka karpet berbahan katun bisa jadi pilihan terbaik.

Bahan ini jelas memiliki keunggulan dalam hal jumlah kelembapan yang dapat ditahannya, kemudahan saat membersihkannya dan terasa lembut saat diinjak. Namun, bahan ini mudah bergeser apabila diletakkan di permukaan lantai berkeramik.

  • Bahan Nilon

Namun, jika fungsi utama dari karpet kamar mandi ialah untuk mengeringkan maka karpet berbahan nilon adalah opsi terbaik. Selain cepat kering, bahan nilon juga tahan lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com