Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 07:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memberikan ruangan nuansa berbeda, menggunakan karpet bisa menjadi pilihannya. Dengan beragam motif dan warna, karpet dapat menambah gaya dalam dekorasi suatu ruangan.

Namun, sama halnya dengan benda lainnya, karpet juga harus dirawat dengan baik dan benar agar memiliki daya tahan yang lama.

Dilansir dari House Beautiful, Jumat (30/4/2021), ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika memiliki karpet baru di dalam rumah, agar karpet tetap bersih dan Anda terhindar dari masalah pernapasan.

Baca juga: 4 Kesalahan Membeli Karpet yang Harus Dihindari

1. Menyedot debu terlebih dulu dengan vacuum cleaner

Meskipun terlihat tidak kotor, namun karpet yang baru datang dari toko harus dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang ada di dalamnya. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu.

Karpet baru akan mengandung beberapa serat pendek yang akan dihilangkan dengan menyedot debu.

Jumlah serat pendek yang dikeluarkan dari karpet dalam beberapa minggu pertama setelah pemasangan bisa terlihat sangat banyak.

Namun, pada kenyataannya hanya sebagian kecil dari serat yang ada dan sama sekali tidak akan mempengaruhi kinerja karpet atau daya tahan karpet tersebut. Pembersihan rutin akan membantu menjaga karpet Anda terlihat bagus selama bertahun-tahun.

Baca juga: Manfaatkan Karpet untuk Ciptakan Ruangan Tampak Lebih Besar

2. Letakkan keset

Untuk meminimalisir debu yang menyangkut di karpet, Anda bisa meletakkan keset di depan pintu masuk rumah, sehingga ketika kaki menyentuh karpet, tidak banyak debu yang masuk.

Karpet jenis wol memiliki sifat yang dapat menyembunyikan banyak debu daripada jenis sintetis sehingga akan banyak debu yang menyangkut di dalamnya.

Yang harus diingat adalah Anda harus menjaga kebersihan keset agar kotoran tidak menyebar ke atas karpet.

3. Segera atasi noda

Hindari untuk menggosok atau membasahi karpet Anda saat mencoba menghilangkan noda yang menempel.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com