Kompas.com - 08/05/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi memberi pupuk tanaman. SHUTTERSTOCK/SINGKHAMIlustrasi memberi pupuk tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pencinta tanaman hias, khususnya aglonema, tentu ingin tanaman aglonema yang telah dirawat bisa tumbuh subur agar mendapat tampilan yang cantik dan menarik.

Proses pemupukan atau pemberian pupuk menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh dilewati agar aglonema tumbuh subur.  

Baca juga: Cara Menanam Aglonema Tanpa Akar agar Tidak Layu atau Busuk

Setidaknya, ada empat jenis pupuk yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman aglonema. Dikutip dari kanal YouTube TegOeh Prasetyo, Sabtu (8/5/2021), berikut ini jenis pupuk yang digunakan untuk membuat aglonema tumbuh subur.

Pupuk Growmore 32-10-10

Jenis pupuk pertama yang dapat menyeburkan tanaman aglonema adalah pupuk growmore 32-10-10 yang berkhasiat untuk pertumbuhan daun. Ketika membeli pupuk ini, kamu perlu jeli agar tidak salah membelinya. Pastikan pupuk growmore dengan kode 32-10-10. 

Baca juga: Simak, Begini Cara Menanam Aglonema agar Tumbuh Subur

Sebab, terdapat pupuk growmore dengan kode dan fungsi yang berbeda. Beberapa di antaranya ada yang berkhasiat untuk pertumbuhan bunga dan buah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk pemupukan, berikan pupuk growmore 32-10-10 setiap tiga minggu sekali pada tanaman aglonema. Berikan secara bergantian dengan jenis pupuk lainnya yang disebutkan di bawah ini. 

Baca juga: Tips Sederhana Merawat Tunas Aglonema agar Cepat Tumbuh Besar

Vitamin B1

Vitamin B1 berguna untuk pertumbuhan akar serta meredam daya kejut perpindahan media tanam. Saat membeli vitamin B1, kamu harus jeli karena marak produk palsu.

Untuk membedakannya, isi cairan vitamin B1 yang asli memiliki warna agak kemerahan, sementara produk palsu berwarna putih bening.

Sama dengan pupuk growmore 32-10-10, pemakaian vitamin B1 juga dilakukan setiap tiga minggu sekali. 

Baca juga: Begini Cara Membuat Daun Aglonema Mengilap Pakai Susu

Antracol

Antracol berkhasiat melindungi tanaman aglonema dari hama, jamur, atau bakteri. Pengaplikasian antracol juga dilakukan setiap tiga minggu sekali, bergantian dengan pupuk growmore 32-10-10 dan vitamin B1.

Sebagai contoh, pada minggu pertama, kamu bisa memberikan pupuk growmore 32-10-10, lalu minggu kedua berikan vitamin B1. Selanjutnya, pada minggu ketiga, bisa diberikan antracol. Lakukan pola ini secara berulang. 

Baca juga: Ciri Tanaman Aglonema Kerdil dan Cara Mengatasinya

Selain itu, antracol bisa pula digunakan untuk mencacah bonggol aglonema atau memisahkan anak dari indukan. Gunakan antracol yang dicampur dengan sedikit air untuk dioleskan pada batang atau bonggol aglonema yang dipotong. Antracol  dapat berfungsi sebagai pengganti obat merah.

Pupuk Osmocote 17-11-10

Jenis pupuk keempat untuk menyuburkan aglonema selanjutnya adalah pupuk osmocote 17-11-10. Pupuk ini hanya digunakan setiap enam bulan sekali atau saat mengganti media tanam. 

Baca juga: 3 Limbah Dapur Ini Dapat Dijadikan Pupuk Alami Aglonema

Itulah empat jenis pupuk untuk menyuburkan tanaman aglonema serta memiliki banyak daun dan akar yang kuat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X