Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2021, 19:32 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Aktivitas luar ruangan seperti trekking, berkemah, piknik hiking, dan lainnya adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan belakangan ini. Sayangnya, waktu bersantai bisa terganggu karena adanya gigitan nyamuk.

Nyamuk tak hanya membuat kulit gatal, tapi juga bisa mendatangkan penyakit berbahaya lainnya. Untuk itu, kamu harus mencegahya agar tak menempel di kulit dan menggigitmu atau anggota keluarga lainnya. 

Baca juga: Catat, 8 Tanaman Ini Dibenci oleh Nyamuk

Pencegahan bisa dilakukan dengan mengaplikasikan losion antinyamuk yang banyak dijual di pasaran. Namun, kebanyakan losion yang dijual mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya jika digunakan terus-menerus. 

 

Sebenarnya, kamu bisa membuat sendiri ramuan pencegah gigitan nyamuk dari bahan-bahan alami. Berikut adalah resep alami untuk mencegah gigitan nyamuk seperti dilansir dari Times of India, Senin (26/4/2021). 

Baca juga: 9 Tanaman Ini Bisa Bantu Kamu Usir Nyamuk dari Rumah

1. Minyak Peppermint dan Minyak Kelapa

Minyak peppermint adalah minyak esensial yang bekerja dengan baik untuk mengusir nyamuk. Menggabungkannya dengan minyak kelapa, semakin meningkatkan potensi pengusir nyamuk dan pada dasarnya menjadikannya pengusir serangga yang alami.

2. Lemon dan Eucalyptus Oil

Buat campuran satu bagian lemon eucalyptus dan dua bagian minyak seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut di area yang terkena untuk meredakan gatal akibat gigitan nyamuk.  

Baca juga: Cara Menanam Serai di Halaman Rumah, Bisa Cegah Nyamuk

Minyak lemon eucalyptus mengandung senyawa seperti sitronelal dan p-metana 3,8-diol (PMD). Sitronelal diyakini dapat menolak sedikit nyamuk, PMD sangat efektif melawan mahluk kecil ini.

3. Minyak Neem

Minyak mimba atau neem yang dicampur dengan minyak kelapa bekerja sangat baik sebagai pengusir nyamuk. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa minyak nimba dua persen bila digunakan bersama minyak kelapa dapat memberikan perlindungan signifikan terhadap berbagai spesies nyamuk. 

Baca juga: Usir Nyamuk dengan Resep Rumahan Ini

4. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi. Sifat antiseptiknya membantu penyembuhan luka. Aroma kuat minyak pohon teh adalah faktor lain yang mencegah nyamuk. 

 

Namun, ini cukup kuat dan karenanya harus digunakan dalam kombinasi dengan minyak perantara yang baik seperti minyak kelapa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com