Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Seharusnya Jarak Furnitur di Kamar Tidur?

Kompas.com - 03/04/2021, 17:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain desain kamar tidur, ruang di sekitar furnitur juga penting diperhatikan. Hal ini karena perencanaan ruang yang memadai untuk bergerak di dalam ruangan berkontribusi pada kenyamanan, dan privasi.

Dilansir dari Hunker, Sabtu (3/4/2021), untuk mendapatkan perencanaan ruang yang baik, pertama kali Anda harus memilih furnitur yang tepat untuk ruang tersebut.

Furnitur yang berada di sekeliling tempat tidur wajib memiliki jarak bebas atau ruang kosong sehingga kamar tidur tidak terlihat semakin sempit.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat yang Sesuai untuk Kamar Tidur Pria

Misalnya, tempat tidur dengan ukuran king mungkin terlihat menarik dan lebih mewah, namun untuk di kamar tidur kecil, tempat tidur ini tampak terlalu besar dan tidak proposional. Sebelum meletakkan furnitur di dalam kamar tidur, sebaiknya memerhatikan hal berikut ini:

Di sekitar tempat tidur: Tempat tidur membutuhkan setidaknya 60 cm ruang kosong di sekelilingnya untuk mengakomodasi pengaturan tempat tidur dan masuk dan keluar tanpa benturan.

Skala terbaik: Jika kamar tidur memiliki luasanya yang tidak terlalu besar, gunakan tempat tidur lebih kecil seperti ukuran queen atau sesuaikan dengan luasan kamar tidur.

Pertimbangan Ruang Lainnya
Pintu ke tempat tidur: Pilihan penempatan tempat tidur yang paling umum adalah di dinding yang menghadap ke pintu masuk. Berikan jarak bebas seluas 90 cm dari ambang pintu ke furnitur terdekat.

Baca juga: Trik Dekorasi Kamar Tidur Kecil untuk Remaja

Meja Rias: Diperlukan ruang berjalan minimal 60 cm di depan lemari agar bisa membuka dan menutup laci dengan mudah.

Ruang kerja: Furnitur opsional untuk dimasukkan ke dalam kamar tidur jika tersedia ruang adalah meja tulis kecil dan kursi. Berikan ruang setidaknya 45 cm untuk kursi di belakang meja.

Rak: Biarkan setidaknya 60 cm ruang kosong di depan rak buku atau lemari untuk kenyamanan melihat isinya.

Area tempat duduk: Jika Anda beruntung memiliki cukup ruang untuk area tempat duduk, beri jarak 45 cm antara tempat duduk dan meja kopi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com