Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Halus Mengusir Tamu di Rumahmu yang Kehadirannya Tak Diinginkan

Kompas.com - 26/03/2021, 15:49 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan seorang tamu yang berkunjung ke rumahmu tentu sangat menyenangkan, karena interaksi sosial dengan orang lain di luar rumah bisa kamu lakukan.

Tapi, kehadiran tamu ke rumahmu mungkin menjadi 'pengganggu' bagimu yang berencana beristirahat maupun bersantai bersama keluarga di rumah.

Sekalipun tamu adalah raja, jika tamumu berkunjung begitu lama dan malah membuatmu kesal dengan tingkah lakunya, kamu berhak untuk tidak menginginkan keberadaannya di rumahmu.

Baca juga: 4 Tips untuk Mengaplikasikan Warna Netral di Ruang Tamu

Untuk 'mengusir' kehadiran tamu yang tak kamu inginkan karena mereka berkunjung terlalu lama atau membuat kegaduhan yang tak menyenangkan, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan, dilansir dari beberapa sumber, Jumat (26/3/2021).

1. Jangan pernah mengundangnya berkunjung ke rumahmu

Terkadang, seorang tamu mengundang dirinya sendiri untuk datang ke rumahmu. Gunakan kesempatan ini untuk menolaknya dengan sopan.

Jangan biarkan mereka pergi dengan berpikir bahwa mereka memiliki undangan terbuka untuk datang berkunjung ke rumahmu kapan saja.

Mengatakan tidak bukanlah hal yang buruk. Kamu hanya melindungi ruang paling berharga yang kamu miliki dan itu adalah rumahmu.

Baca juga: Tempat Duduk Alternatif di Ruang Tamu Apabila Tak Punya Sofa

2. Tetapkan batas waktu

Jika kamu memang mengundang tamu datang ke rumahmu, tetapkan batas waktu sebagai bagian dari undangan dan perjelas di awal.

Menjelang waktu akhir dari kunjungan tamu yang ditentukan, katakan seberapa cepat waktu telah berlalu dan bagaimana kamu tidak percaya bahwa sudah hampir waktunya bagi tamumu untuk pergi. Kehalusan bisa menghasilkan keajaiban.

3. Tetapkan tugas

Tidak ada yang mau tinggal di rumahmu hanya untuk bekerja. Jika kamu memiliki tamu rumah yang tidak diinginkan, beri mereka tugas yang banyak.

Desak bahwa siapa pun yang tinggal di rumahmu harus berkontribusi. Menyedot debu, membuang sampah, dan cucian adalah tugas yang tidak diharapkan oleh siapa pun saat berlibur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com