Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Dibersihkan Secara Rutin di Dalam Rumah

Kompas.com - 24/03/2021, 08:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan membersihkan rumah menjadi ritual yang harus dilakukan secara rutin karena dapat memberikan kenyamanan dalam beraktivitas di dalam rumah.

Meskipun Anda tidak bisa menjaga rumah tetap bersih setiap waktu, namun dengan mengembalikan barang-barang ke tempatnya, bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat rumah tampak bersih.

Namun, dilansir dari The Spruce, Rabu (24/3/2021), ada beberapa tempat yang harus dibersihkan dengan rutin selama seminggu sekali.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Rumah yang Salah, Justru Bikin Kotor

1. Kamar mandi

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kekacauan kamar mandi dalam jangka panjang, seperti memastikan Anda memiliki tempat penyimpanan yang memadai.

Namun, meski Anda sudah mengatasinya, kekacauan kecil masih bisa terakumulasi di wastafel dan di lemari. Seminggu sekali, luangkan waktu sebentar untuk merapikan riasan yang tidak sempat Anda singkirkan, botol yang mungkin terbalik, dan sedikit kekacauan kamar mandi lainnya yang dapat membuat ruangan kecil terlihat berantakan.

Periksa kembali obat-obatan di lemari dan buang apa pun yang sudah kedaluwarsa, kemudian lihat produk, seperti parfum, riasan, atau produk perawatan rambut, yang sudah lama tidak Anda gunakan.

2. Kulkas

Jika Anda membiarkan kulkas tanpa dibersihkan, makanan pasti akan membusuk dan bau akan mulai meresap. Setiap minggu, keluarkan makanan yang sudah mencapai tanggal kadaluwarsanya, serta jangan lupa untuk memeriksa bumbu di raknya dan buang langsung ke tempat sampah. 

Baca juga: Cara Membersihkan Bunga Es yang Menumpuk di Freezer Kulkas

3. Lemari

Jangan khawatir, Anda tidak harus merapikan lemari Anda sepenuhnya setiap minggu. Namun, Anda harus melipat, menyimpan, atau menggantung pakaian yang tergeletak di sekitar atau tertinggal di dalam keranjang.

Sisihkan barang-barang yang Anda rasa tidak Anda inginkan atau butuhkan lagi.

4. Tempat tidur

Setelah Anda menyimpan pakaian Anda, berjalanlah ke sekitar ruangan dan periksa barang-barang seperti buku atau gelas minum yang mungkin telah Anda bawa ke kamar tidur dan lupa untuk mengembalikannya ke tempatnya.

Bersihkan permukaan, seperti meja rias, meja rias, atau meja, lalu rapikan tempat tidur Anda.

5. Pintu masuk

Pintu masuk rumah Anda adalah salah satu area umum di mana barang-barang sering dibiarkan menumpuk. Cegah tumpukan sepatu atau sepatu dan sandal berserakan.

Agar tidak terlalu berantakan kembalikan semuanya ke tempatnya secara teratur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com