Kompas.com - 24/03/2021, 07:26 WIB
Ilustrasi ruang tamu. PIXABAY/SKITTERPHOTOIlustrasi ruang tamu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi yang melihat bagaimana meningkatkan aliran energi di rumah.

Feng shui berasal dari Tiongkok kuno, dan dikembangkan untuk membantu orang bagaimana menempatkan rumah mereka dalam hubungannya dengan kondisi lingkungan.

Dilansir dari Real Simple, Rabu (24/3/2021), di zaman modern, feng shui didefinisikan sebagai "kesadaran akan ruang". Ketika Anda bisa menyadari detail di ruang sekitar, Anda bisa terhubung dan menciptakan rumah yang memelihara dan mendukung Anda.

Baca juga: 5 Tips Feng Shui untuk Menjadikan Nuansa Rumah Lebih Bahagia

Salah satu dari banyak cara untuk mulai menerapkan prinsip feng shui ke dalam hidup Anda adalah dengan memperbaiki lima kesalahan tata letak dekorasi rumah yang paling umum. Untungnya, sebagian besar mudah diperbaiki.

Apa saja kesalahan tata letak yang harus dihindari? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pintu yang dihalangi

Dalam feng shui, pintu mewakili suara Anda. Pintu juga merupakan cara energi mengalir ke dalam dan ke seluruh rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkadang ada pintu dalam keadaan tidak dapat dibuka hingga 90 derajat. Hal ini disebabkan karena ada banyak barang yang tergantung di balik pintu.

 

Baca juga: 6 Panduan Feng Shui untuk Pintu Kamar Mandi, Harus Selalu Ditutup

Di lain waktu, ada furnitur yang menghalangi pintu agar tidak terbuka sepenuhnya. Bagaimanapun, bersihkan kekacauan dan singkirkan furnitur sehingga Anda dapat mengundang aliran qi (energi gaya hidup) yang baik ke dalam ruangan Anda.

2. Posisi tempat tidur

Dalam feng shui, tempat tidur lebih baik berada di garis lurus dengan pintu atau posisinya terlihat saat Anda berbaring. Hal ini dipercayai jika ketika seseorang berbaring di tempat tidur masih bisa melihat peluang yang akan melalui pintu tersebut.

Untuk memperbaikinya, pilihan pertama dan terbaik adalah memindahkannya. Biasanya, yang terbaik adalah berada diagonal ke pintu.

Jika hal ini tidak mungkin karena fitur arsitektur kamar tidur Anda atau kendala ruang, Anda dapat meletakkan cermin sebagai alternatif sehingga ketika Anda berada di tempat tidur, Anda dapat melihat pintu dalam pantulan.

3. Tempat tidur melawan dinding

Untuk orang dewasa, tempat tidur utama idealnya harus memiliki sandaran kepala yang kokoh pada dinding yang kokoh. Meskipun mungkin menghemat ruang jika tempat tidur didorong ke dinding, ini menciptakan ketidakseimbangan yin dan yang bagi penghuninya.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.