Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2021, 10:42 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Cut

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kucing peliharaan begitu fokus mengamati sesuatu di suatu ruang rumah, tetapi kamu tidak melihat ada apa-apa di sana, mungkin hal ini akan mulai membuatmu merinding.

Banyak orang mengklaim bahwa indera kucing yang tinggi memungkinkan mereka untuk bisa melihat makhluk dari dunia lain, seperti hantu atau roh.

Terlebih ketika kucing peliharaanmu sering mengeong pada tengah malam di suatu tempat, mungkin kamu akan berpikir bahwa pasti itu hantu yang mengajak kucingmu berinteraksi.

Baca juga: Ini Arti Kucing Tidur di Bagian Tubuh Kita

Tetapi, sebelum sampai pada kesimpulan bahwa kucing mampu berkomunikasi dengan hantu, mari ketahui cara kerja indra kucing untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi, seperti yang dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (6/3/2021).

Bagaimana kucing melihat? 

Ketika seekor kucing mulai melihat ke sana ke mari, seseorang cenderung berpikir bahwa mereka secara aktif mencari sesuatu.

Dalam beberapa kasus, itu benar. Mungkin mereka melihat pantulan yang hanya ada sesaat atau lalat yang lewat.

Tetapi perlu dicatat bahwa, meskipun kucing memiliki penglihatan malam yang sangat baik, penglihatan siang hari mereka jauh lebih buruk daripada manusia.

Baca juga: Mengapa Kucing Senang Tidur di Dekat Tubuh Manusia?

Faktanya, kucing hanya melihat dua warna, yakni bayangan biru dan kuning, sedangkan manusia melihat tiga warna.

Dan, apapun yang ada di depan mereka mulai dari 5 cm hingga 8 meter, itu akan tampak buram. Tapi, alih-alih warna ketiga, kucing memiliki penglihatan malam.

Kucing adalah predator yang sangat baik. Penglihatan mereka sangat tajam di tengah bidang penglihatan mereka, yang memungkinkan mereka untuk fokus pada target mereka, tetapi buram di tepinya.

Jadi saat berburu, mereka tidak pernah hanya mengandalkan penglihatan mereka, tetapi juga menggunakan dua indera lain yang jauh lebih tajam daripada indra manusia, yakni pendengaran dan penciuman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com