Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2021, 07:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Life Savvy

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlu disadari, beberapa benda di dapur akan kehilangan kilau dan kegunaannya setelah bertahun-tahun digunakan.

Jadi, jika Anda memiliki alat memasak lama yang penuh dengan kerusakan atau menemukan beberapa alat masak sudah tidak prima lagi performanya, maka segeralah ganti.

Dari penumpukan jamur hingga bilah yang tumpul, beberapa benda di dapur perlu pemeriksaan dan penggantian rutin, beberapa malah harus lebih sering daripada yang lain.

Baca juga: Dapur Berbau Tak Sedap? Pakai Bahan Alami Ini untuk Menghilangkannya

Nah, apa saja benda di dapur yang perlu rutin diganti? Dikutip dari Life Savvy, Jumat (26/2/2021), berikut uraiannya.

1. Talenan

Seiring waktu, talenan menjadi berlekuk dan terkadang bahkan melengkung, meninggalkan celah-celah kecil yang terbuka untuk pertumbuhan bakteri.

Beberapa talenan juga akan tampak retak. Jadi, jika Anda melihat ada jaringan parut, terkelupas, atau retak, saatnya membeli talenan yang baru.

2. Wadah plastik

Seiring waktu, wadah penyimpanan makanan plastik mengembangkan sisa-sisa minyak dan terkadang bau yang tertinggal. Ditambah lagi, dengan penggunaan dan pencucian bertahun-tahun, mereka kehilangan daya tahan dan dapat retak atau pecah.

Baca juga: Wadah Makanan Plastik, Kaca, dan Stainless Steel, Mana yang Terbaik?

Anda dapat memiliki wadah penyimpanan kaca karena daya tarik estetika dan daya tahannya. Selain itu, kaca adalah bahan yang tidak berpori dan tidak menyerap, jadi Anda tidak perlu berurusan dengan bau aneh atau noda membandel. 

3. Pengupas sayuran

Jangan mengupas sayur atau buah dengan pengupas yang tumpul lagi. Alat kecil ini sangat berguna tetapi tidak dimaksudkan untuk masa pakai yang lama.

Untungnya, alat pengupas sayuran cukup murah sehingga layak diganti setiap tahun.

4. Pisau pengupas

Sama seperti pengupas sayuran, pisau pengupas menjadi kusam karena sering digunakan tetapi cukup murah untuk diganti. Jadi, saat Anda membeli pengupas sayuran yang baru, jangan lupa membeli pisau pengupas yang baru pula.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com