Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Menjaga Rumah agar Bersih dan Kering di Musim Hujan?

Kompas.com - 10/02/2021, 16:43 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com — Musim hujan tengah melanda hampir seluruh wilayah Indonesia. Hujan bisa menjadi mimpi buruk, yang menyebabkan kerusakan maksimum pada dinding yang menyebabkan kebocoran, jamur, retakan dan cat terkelupas.

Untuk kamu yang ingin menjaga ruangan agar tetap bersih dan kering di tengah musim penghujan, berikut adalah tips menjaga rumah agar tetap bersih dan kering di seperti dilansir Livs Space, Selasa (10/2/2021).

1. Mencegah serangan serangga

Pasang kelambu pada jendela untuk memastikan adanya ventilasi sekaligus mencegah masuknya serangga.

Baca juga: Ingin Menghangatkan Ruangan Saat Musim Hujan? Pakai Cara Ini

Di musim hujan datang lingkungan yang hangat dan lembab yang menjadi tempat sempurna untuk serangga dan makhluk sial lainnya. Oleh karena itu, melihat serangga merayap di dalam dan sekitar rumah adalah hal yang wajar.

Namun, meski sebagian besar tidak berbahaya, beberapa serangga ini dapat merusak furnitur, dinding, dan menyebarkan penyakit.

Waspadai serangga dan lakukan tindakan pengendalian berikut:

- Nyamuk

Baik itu musim hujan atau musim panas, air di tempat yang terbuka adalah tempat berkembang biak nyamuk. Terlebih, genangan air selama musim hujan dapat ditemukan hampir di mana saja. Oleh karena itu, pastikan tidak ada ember air di kamar mandi atau diruang terbuka.

Baca juga: Musim Hujan, Ini 7 Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah

Pasang kelambu di semua jendela untuk memastikan ventilasi sekaligus mencegah masuknya nyamuk. Kamu juga bisa menggunakan pengusir nyamuk kimia atau alami untuk menghilangkannya.

- Rayap

Serangga bersayap ini senang tinggal furnitur kayu dan sangat sulit dihilangkan. Oleh karena itu, pilihlah tindakan pencegahan seperti merawat elemen kayu dengan larutan anti rayap. Kamu dapat menggunakan asam borat, termisida, atau sejumlah larutan kimia lainnya.

- Cacing tanah

Biasanya ditemukan di kamar mandi, cacing ini tidak berbahaya dan muncul ke permukaan selama musim hujan.

Namun, adanya cacing membuat kamar mandi tidak sedap dipandang. Namun ini dapat dicegah yakni dengan menjaganya tetap kering setiap saat atau menutupi saluran pembuangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com