Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyelamatkan Furnitur Setelah Terendam Banjir

Kompas.com - 10/02/2021, 15:25 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bencana banjir masih terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, yang mana kehadirannya masih terus menghantui dalam beberapa waktu ke depan.

Ketika banjir merendam rumah, hal itu pasti membuat segala sesuatunya menjadi begitu kotor dan berantakan, hingga mengakibatkan kerusakan pada barang-barang atau furnitur.

Ketika banjir bisa diprediksi akan datang, mungkin ada waktu untuk memindahkan beberapa furnitur yang perlu diselamatkan. Namun, saat banjir datang tiba-tiba dan tak terduga, mungkin furnitur yang dimiliki harus direlakan terendam banjir.

Baca juga: Cara Membersihkan Rumah Setelah Banjir Melanda

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menyelamatkan furnitur di rumahmu yang habis terendam banjir, dilansir beberapa sumber, Rabu (10/2/2021).

Panduan umum menyelamatkan furnitur yang terendam banjir

Jika aman untuk melakukannya, periksa furnitur milikmu yang habis terendam banjir dan pisahkan apa yang dapat diselamatkan dari apa yang tidak dapat disimpan.

Survei dan evaluasi kerusakan secepat mungkin, karena kamu berpacu dengan waktu. Ketahuilah bahwa kerusakan air mungkin tidak terbatas pada furnitur yang telah terendam air.

Kelembapan udara yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur. Foto semuanya, karena kamu perlu mengajukan laporan untuk asuransi, jika kamu mengansuransikan rumah beserta isi-isinya.

Baca juga: 12 Hal yang Jangan Pernah Dilakukan di Rumah Saat Banjir Melanda

Untuk menentukan apakah sebuah perabot atau furnitur layak untuk disimpan, kamu harus mengevaluasi tingkat kerusakannya. Selain itu perhitungkan biaya item dalam kaitannya dengan biaya pemulihan atau perbaikan.

Lalu pertimbangkan nilai sentimentalnya, kamu mungkin ingin menjaga dan memperbaiki furnitur yang menjadi pusaka keluarga meskipun ada kerusakan.

Sisihkan furnitur milikmu yang tidak dapat diperbaiki untuk mengevaluasi klaim asuransi.

Furnitur berlapis kain seperti sofa yang telah terendam dalam air terlalu lama mungkin sulit atau tidak mungkin untuk diselamatkan, karena air dapat mendorong pertumbuhan bakteri, jamur, dan lumut, yang mana semuanya menimbulkan bahaya kesehatan.

Air banjir yang mengandung banyak bakteri akan terserap ke dalam kain pelapis, meninggalkannya dengan jamur dan patogen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com