Kompas.com - 10/02/2021, 12:47 WIB
Ilustrasi membersihkan kloset. SHUTTERSTOCK/LISA-SIlustrasi membersihkan kloset.

JAKARTA, KOMPAS.com — Membersihkan rumah secara menyeluruh dan mendalam merupakan pekerjaan yang melelahkan dan tentu sangat kotor, namun harus tetap dilakukan.

Terutama jika beberapa bagian rumah tidak dibersihkan dalam waktu yang lama. Selain itu, barang-barang ini juga bisa rusak karena terlalu kotor.

Berikut adalah lima hal yang sebaiknya kamu bersihkan secara teratur agar tak terlalu sulit untuk dibersihkan seperti dikutip dari Better Homes and Gardens, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Cara Membersihkan Rumah Setelah Banjir Melanda

1. Kumparan kulkas

Kumparan kondensor yang berdebu membuat lemari esmu bekerja lebih keras. Kotoran ini membuat kulkas kurang hemat energi dan memperpendek masa pemakaiannya

Perhatikan bahwa beberapa lemari es memerlukan teknik pembersihan khusus; yang lainnya harus dibersihkan oleh seorang profesional. Lihat buku manual pemilik sebelum mulai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapan harus dibersihkan? Sebaiknya lakukan dua kali setahun atau lebih sering lagi jika kamu memiliki hewan peliharaan.

Cara membersihkannya, temukan kumparannya. Kumparan biasanya ditutupi oleh panel di bagian depan bawah atau di belakang lemari es berdiri bebas dan di bagian atas model built-in. Cabut lemari es atau matikan listrik. Jika bukan model built-in, tarik dari dinding belakang.

Baca juga: 6 Benda yang Sering Lupa Dibersihkan, Kulkas hingga Kartu ATM

Lepaskan panel pelindung, kenakan masker debu, dan kikis. Tindak lanjuti menggunakan lampiran alat celah pada vacuum cleaner.

2. Filter mesin cuci

Apakah mesin cucimu memiliki filter serat atau filter pompa pembuangan? Kamu akan menemukan jawabannya di buku manual pemilik.

Kamu harus membersihkannya sebulan sekali. Pada mesin cuci bukaan atas, filter serat mungkin berada di dalam drum atau di belakang. Sebagian besar filter serat dapat dilepas dan dibilas dengan air panas.

Filter dan selang pompa pada mesin cuci front loader biasanya berada di bagian depan. Letakkan handuk di bawah panci dangkal di lantai, lalu lepas sumbat selang dan biarkan air mengalir ke dalam panci.

Kemudian lepaskan filter pompa pembuangan secara perlahan (air mungkin mengalir atau menetes keluar) dan tarik keluar.

 

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X