Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bikin Ruang Gym di Rumah? Ini yang Harus Dipertimbangkan

Kompas.com - 29/01/2021, 15:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menciptakan ruang gym di rumah adalah sebuah konsep yang mulai banyak diaplikasikan para penghuni rumah yang concern akan gaya hidup sehat.

Ruang gym di dalam rumah selalu menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang untuk bisa tetap bugar, tanpa perlu berbagi ruang dan peralatan gym dengan orang lain seperti di fasilitas klub kebugaran, terlebih kondisi pandemi Covid-19 membuat hal ini sangat meningkatkan risiko penularan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau menciptakan ruangan gym di dalam rumah menjadi sebuah resolusi tahun baru bagi orang-orang yang gemar dengan aktivitas yang menguras fisik dan stamina.

Baca juga: 10 Ide Dekorasi Ruang Gym di Rumah agar Menarik dan Nyaman

Dikutip dari dari AZ Daily Sun, Jumat (29/1/2021) , para ahli kebugaran mengatakan bahwa banyak orang makin tertarik dengan gym rumahan, sekitar bulan Januari tahun ini gym rumahan cenderung menjadi sangat populer.

Jika kamu adalah orang-orang yang tertarik untuk membuat ruang gym di dalam rumah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membangunnya. 

1. Periksa komitmenmu

Pastikan ruang gym yang ada di dalam rumahmu adalah sesuatu yang benar-benar akan kamu gunakan. Ini berpotensi menghabiskan banyak waktu, uang dan ruang.

Langkah awal dalam perencanaan harus menghubungi pelatih kebugaran profesional. Panggilan video memungkinkanmu untuk mendiskusikan pilihanmu untuk ruang gym tanpa perlu bertatap muka.

Baca juga: 7 Tren Ruang Keluarga Tahun 2021, Tampilkan Warna dan Keindahan Alam

Nasihat profesional penting karena dapat membantumu menguraikan tujuanmu, dan mengarahkan kamu ke peralatan yang paling efektif untuk tujuanmu dan merancang serangkaian latihan untuk memenuhi kebutuhan kamu.

2. Menemukan ruang

Bagaimana jika kamu tidak memiliki ruangan lebih untuk dijadikan tempat gym?

Ruang bawah tanah dan garasi menjadi tempat yang bisa untuk olahraga dan menggoda, tetapi jika tidak dipanaskan atau ber-AC, bisa jadi terlalu dingin atau terlalu panas untuk berolahraga dengan nyaman, dan itu bisa membuatmu enggan berolahraga.

Sebaliknya, cari sudut ruangan tempat kamu bisa membuat ruang gym, entah itu halaman belakang rumah atau teras rumah sekali pun jika memungkinkan.

3. Pastikan ruangnya cukup

Pastikan kamu memiliki cukup ruang untuk dijadikan tempat gym di rumah. Ini penting, karena kamu perlu meregangkan, menyebarkan, dan bekerja sangat keras untuk membakar kalori.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com